SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara. (Dok.Solopos)

Solopos.com, PURBALINGGA -- Program sekolah pemilu yang dilaksanakan secara virtual jadi salah satu sarana sosialisasi di tengah pandemi Covid-19 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga.

Anggota KPU Purbalingga Divisi Parmas, SDM, dan Kampanye, Andri Supriyanto, menyatakan dalam program ini, KPU menyebarluaskan materi mengenai kepemiluan secara virtual lewat media-media sosial resmi milik KPU Purbalingga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia mencontohkan pihaknya melaksanakan sekolah pemilu dengan materi mengenai partisipasi masyarakat dan pendidikan pemilih serta mengenai sistem pemilu di Indonesia. "Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan KPU Purbalingga bagi seluruh masyarakat yang ada di wilayah ini," katanya.

Baca Juga : Awas! Gelar Hajatan di Banyumas Bakal Dibubarkan Aparat

Ia berharap dengan adanya program sekolah pemilu akan makin berkontribusi positif pada peningkatan jumlah partisipasi masyarakat pada pelaksanaan pesta demokrasi yang akan datang.

"Mengingat kondisi saat ini sedang pandemi Covid-19, maka untuk mencegah potensi kerumunan, kami menggelar program sekolah pemilu secara virtual," katanya.

Dia mengatakan program ini sejalan dengan upaya KPU Purbalingga untuk terus mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai sarana sosialisasi pemilu di tengah pandemi Covid-19. "Kami masih terus mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai sarana sosialisasi guna meningkatkan angka partisipasi pemilih," katanya.

Baca Juga : 2 Hotel di Banyumas Disulap Jadi Ruang Karantina Covid-19

Pihaknya terus mengembangkan ide dan kreativitas dalam membuat konten kreatif dalam sosialisasi di media sosial. "Tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi dan edukasi mengenai kepemiluan," katanya lagi.

Dia juga menambahkan bahwa pihaknya berupaya agar informasi yang disampaikan dapat tepat sasaran dengan berbasis kearifan lokal. Dengan optimalisasi media sosial, kata dia, diharapkan masyarakat dapat rutin menerima informasi dan isu terkini terkait kepemiluan atau pemilihan.

"Kami menggunakan metode dan strategi yang disesuaikan dengan kondisi lokal dan mengupayakan agar pelaksanaannya dapat tepat sasaran, efektif dan efisien serta memastikan masyarakat dapat menerima informasi secara berkala meskipun di tengah pandemi Covid-19'," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya