SOLOPOS.COM - Komjen Pol. Budi Gunawan di DPR. (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.)

KPK vs Polri masih menunggu sikap Presiden Jokowi. Pimpinan DPR meminta Jokowi segera memutuskan nasib Budi Gunawan pekan ini.

Solopos.com, JAKARTA — Pimpinan DPR meminta Presiden Jokowi memutuskan dengan segera polemik calon Kapolri Komjen Pol. Budi Gunawan mengingat urgensi politik dan pemberantasan korupsi yang kian memburuk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil ketua DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Fadli Zon, mengatakan jika sidang praperadilan sudah mendapatkan hasil, presiden harus segera memutuskan pengajuan Budi Gunawan sebagai kapolri. Pencalonan Budi Gunawan menjadi kontroversi setelah dia ditetapkan sebagai tersangka dugaan kepemilikan rekening tak wajar oleh KPK.

“Presiden harus segera putuskan, Budi Gunawan dilantik atau diganti nama baru,” katanya di Kompleks Gedung Parlemen, Senin (9/2/2015).

Seharusnya, katanya, Presiden Jokowi harus memutuskan nasib Budi Gunawan dalam pekan ini. “Jadi bisa segera diselesaikan karena ada dampak yang berlarut-larut ini. Sehingga memnuat kinerja dua institusi penegak hukum itu terganggu. Saya kira, ini masalah momentum kecepatan dalam mengambil keputusan.”

Sementara itu, Wakil ketua Komisi III DPR, Desmond Junaidi Mahesa, meminta Presiden Jokowi untuk segera melantik Budi Gunawan. “Budi Gunawan harus dilantik dulu, karena pengusulan budi ke DPR adalah prerogatif dari inisiatif Jokowi sebagai kepala negara. Dan DPR menyepakati,” katanya.

Selanjutnya, Presiden Jokowi baru bisa kembali menggunakan hak prerogatifnya. “Habis itu di nonaktifkan dan dipilih calon kapolri baru, itu inisiatif presiden. Ini butuh kecermatan dari tim hukum Jokowi,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya