SOLOPOS.COM - Buku anak berkonten seksual (Istimewa)

KPAI memberikan komentar terkait beredarnya buku anak berkonten masturbasi.

Solopos.com, SOLO – Publik dihebohkan dengan beredarnya buku anak-anak berkonten masturbasi. Buku berjudul Aku Berani Tidur Sendiri karangan Fita Chakra mendapat kecaman dari berbagai pihak, salah satunya Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melalui rilis yang diterima Solopos.com, Senin (20/2/2017), KPAI menyatakan buku berjudul Aku Berani Tidur Sendiri sangat tidak layak anak karena mengajarkan tentang seksualitas yang tidak tepat dan mendorong permisif terhadap seks menyimpang.

Ekspedisi Mudik 2024

KPAI meminta Mendikbud Muhadjir Effendy untuk mengambil langkah konkrit. KPAI meminta penerbit Tiga Serangkai dan penulis untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan mereka. Kendati memiliki maksud mengenalkan lebih dini terkait kemandirian, KPAI mengingatkan buku harus memiliki muatan konten yang pantas dan sesuai aturan.

KPAI meminta Mendikbud sebagai penanggung jawab sistem pendidikan nasional dan kebudayaan untuk bertanggung jawab dan mengambil langkah serius demi mencegah hal serupa terjadi.

Demi mencegah kasus ini terulang kembali, KPAI berharap Kemdikbud melakukan reformasi perbukuan dengan membuat suatu UU Sistem Perbukuan Nasional, yang memastikan buku sebagai media untuk mencerahkan dan mencerdaskan, sarana untuk membangun anak-anak Indonesia yang beradab dan bermartabat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya