SOLOPOS.COM - Ketua Komite Pemilihan PSSI Amir Burhanudin (ketiga kiri) didampingi anggota memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor PSSI, GBK Arena, Senayan, Jakarta, Senin (16/1/2023). (PSSI)

Solopos.com, JAKARTA—Komite Pemilihan (KP) PSSI menjamin tidak ada manipulasi dokumen dalam proses pencalonan ketua umum (ketum), wakil ketua umum (waketum) dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027.

Jaminan tidak ada manipulasi itu termasuk soal pengalaman di dunia sepak bola. Sesuai syarat, calon ketum, waketum dan anggota Exco PSSI harus berkiprah di kegiatan sepak bola PSSI selama minimal lima tahun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Tidak ada satu pun ketentuan dalam statuta yang kami manipulasi. Kami mempertanggungjawabkan semuanya,” ujar Ketua KP PSSI Amir Burhannudin di GBK Arena, Jakarta, Senin (6/2/2023), seperti dilansir dari Antara.

Dia mengatakan semua data para calon ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Exco PSSI 2022-2027 diverifikasi sesuai dengan data yang ada. Jika ada pihak yang mau mengkritik soal itu, Amir meminta semuanya harus memakai data.

“Kami benar-benar memverifikasi dokumennya, bahkan ada yang tidak kami loloskan sehingga akhirnya mengajukan banding,” kata dia.

Seperti diketahui, berdasarkan Pasal 38 ayat (4) Statuta PSSI, salah satu syarat untuk menjadi Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang harus disertai bukti dokumen adalah “harus telah aktif di sepak bola dalam koridor PSSI sekurang-kurangnya lima tahun.”

Ada beberapa calon, khususnya dari wakil ketua umum dan Exco PSSI, yang terganjal persyaratan tersebut.

KP dan Komite Banding Pemilihan (KBP) sudah menetapkan 76 nama calon tetap ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Exco PSSI periode 2023-2027 yang berhak dipilih dalam KLB PSSI 2023.

Mereka adalah lima calon ketua umum, 16 calon wakil ketua umum, dan 55 calon anggota Exco.

Sebanyak lima calon ketua umum PSSI 2023-2027 yaitu AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemie Francis.

Sementara para calon wakil ketua umum adalah Ahmad Riyadh, Ahmad Syauqi Suratno, Andre Rosiade, Doni Setiabudi, Duddy Sutandi, Fary Djemie Francis, I Gede Widiade, Hasani Abdulgani, Hasnuryadi Sulaiman, Juni Rahman, Maya Damayanti, Ratu Tisha Destria, Sadikin Aksa, Yesayas Oktavianus, Yunus Nusi dan Zainudin Amali.

Sisanya, 55 nama, merupakan calon anggota Exco PSSI.

Pemilihan para anggota Komite Eksekutif PSSI 2023-2027 tersebut dilakukan dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya