SOLOPOS.COM - Arus lalu lintas di flyover Manahan Solo padat pada jam pulang sekolah, Rabu (5/2/2020). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo disebut sebagai daerah dengan jumlah mobil terbanyak di Jawa Tengah pada 2021.

Hal ini berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com pada situs resmi BPS Jateng yang dikutip pada Kamis, 23 Juni 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Adapun jumlah mobil di Kota Solo 2021 sebanyak 287.764 unit. Dengan jumlah penduduk Kota Solo 522.364 jiwa pada 2020, dapat disebutkan 50 persen lebih masyarakat Kota Solo memiliki mobil.

Punya mobil terbanyak di Jawa Tengah, Kota Solo juga diklaim sebagai kota terpadat di Jawa Tengah. Kepala BPS Kota Solo, Totok Tavirijanto mengatakan tingkat kepadatan penduduk di Kota Solo jauh lebih tinggi dibanding Kota Semarang yang merupakan ibu kota provinsi. Maka dari itu, Solo juga ditetapkan sebagai kota terpadat di Jateng.

Baca Juga:  Jadi Ikon Kota Solo, Ini Keistimewaan dari Nasi Liwet

Tingkat kepadatan penduduk di Kota Semarang hanya 4.424 jiwa per kilometer persegi. Penduduk di Kota Solo juga 10 kali lebih padat jika dibandingkan dengan kepadatan penduduk rata-rata di Jawa Tengah.

Masih berdasarkan hasil sensus BPS, kepadatan penduduk rata-rata di Jateng hanya 1.113 jiwa per kilometer persegi.

Baca Juga:  Ternyata Ini Alasan Nasi Liwet Dikukuhkan Jadi Ikon Kota Solo

“Kepadatan Solo itu 2,5 kali lipat dari Semarang. Nah, dari total 522.364 jiwa itu, sebanyak 7,99 persen populasi berumur 15-19 tahun. Mereka menjadi penduduk terbanyak di Solo. Kemudian, disusul usia 20-24 tahun sebanyak 7,86 persen. Lalu, usia 40-44 tahun sebanyak 7,74 persen,” kata dia, kepada Solopos.com, Jumat (19/3/2021).

Sebagai informasi, setelah Solo, daerah yang mempunyai mobil terbanyak di Jawa Tengah ada Kota Semarang, Karanganyar, Banyumas, dan di urutan kelima ada Wonogiri.

Baca Juga: 3 Kota Penghasil Wanita Cantik di Jawa Tengah, Solo Termasuk?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya