SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Kota ramah anak di Jogja kini merambah dunia maya

Harianjogja.com, JOGJA– Upaya untuk mengembangkan Jogja sebagai kota ramah anak merambah dunia maya. Pemerintah Kota Jogja bekerjasama dengan PT. XL Axiata dan STIMIK Amikom Jogja baru saja meluncurkan laman dan aplikasi layak anak untuk mendukung program itu di gedung Mandala Bakti Wanitatama Selasa (15/12/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Laman yang beralamat di www.layakanak.com dan aplikasi berbasis android “Layak Anak” itu diharapkan bisa menjadi sumber informasi seputar layanan dan fasilitas ramah anak yang ada di Jogja, mulai dari keberadaan kampung ramah anak, statistik layak anak serta berita layak anak.

Di dalam aplikasi yang bisa diunduh gratis via Playstore ini juga terdapat berbagai tips untuk menunjang hak-hak anak.

Pada fitur informasi Kampung Ramah Anak (KRA), masyarakat bisa mengetahui dimana saja kampung-kampung ramah anak berada. Masyarakat juga bisa saling mengenal, bertukar pengalaman dan saling bantu dalam mengembangkan KRA.

Sementara di fitur Agenda Kesehatan Anak, pengguna bisa mengatur agenda untuk menjaga kesehatan buah hatinya. Jadwal berkunjung ke Posyandu, imunisasi maupun jadwal ke dokter gigi bisa diatur di fitur ini.

Walikota Jogja Haryadi Suyuti mengatakan implementasi sarana digital Layak Anak ini bisa memperkukuh status kota Jogja sebagai kota yang ramah untuk ditinggali dan menjadi tempat pendidikan anak-anak.

Sejauh ini Jogja sudah mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak sejak 2009 hingga tahun ini dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Selain lewat aplikasi itu kami juga berencana menambah 21 kampung ramah anak tahun ini untuk tujuan yang sama,” kata dia.

Senada dengan Haryadi, Direktur Digital Services Ongki Kurniawan mengatakan Layak Anak adalah bagian dari program XL XmartCity Jogja.

Untuk menyiapkan laman dan aplikasi ini, tim pengembangan STIMIK Amikom dan XL membutuhkan waktu delapan bulan untuk membangun sistem ini dari nol. Hasilnya saat ini seluruh fitur sudah bisa diakses kapan saja melalui koneksi internet.

“Kami melihat Jogja siap mengaplikasikan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari warganya. Karena itu kami mendukung ajakan Pemkot Jogja mengimplementasikan program Kota Layak Anak,” kata Ongki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya