SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian atau tes PPDB. (Dok. Harianjogja.com)

Solopos.com, JOGJA — Predikat Kota Pelajar rupanya masih layak disematkan kepada Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Terbukti, pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK Negeri DIY 2022 ini, tak hanya diikuti pelajar dari DIY, tapi juga luar daerah.

Tercatat ada ribuan pelajar dari luar DIY yang berebut untuk mendapatkan SMA/SMK negeri di DIY pada PPDB 2022 ini. Meski demikian, mereka diwajibkan terlebih dahulu mengikuti Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) sebagai syarat mendaftar sebagai peserta PPDB DIY 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya, menjelaskan pelajar dari luar DIY yang akan mendaftar di SMA/SMK Negeri di DIY harus mengikuti ASDP yang digelar di sejumlah sekolah yang telah ditentukan. “ASPD ini digelar di sekolah yang memiliki fasilitas memadai, salah satunya di SMK Negeri 2 untuk Kota Jogja,” katanya, Kamis (9/6/2022).

Jumlah pendaftar ASPD ini tercatat 1.196 siswa setelah pendaftaran dibuka sejak 30 Mei hingga 6 Juni 2022. Mereka sebagian besar merupakan siswa dari luar DIY yang akan mengikuti PPDB di DIY dan pelajar dari dalam DIY yang dua tahun lalu belum memiliki ASDP.

Mata pelajaran yang akan diujikan sama dengan ASPD yang selama ini digelar di DIY. Begitu juga dengan bobot soal pun standar dengan yang diujikan di DIY. “Kami membuat enam paket soal, secara umum bobot soalnya sama dengan ASPD yang selama ini digelar. Pendaftar dari luar DIY cukup banyak,” ujarnya.

Baca juga: 100 SMA Terbaik Jateng Versi LTMPT, Jadi Referensi PPDB 2022

Didik mengatakan ASPD menjadi salah satu alat yang digunakan untuk seleksi masuk sehingga para siswa yang akan mengikuti tes harus mempersiapkan diri. Mata pelajaran yang masuk ASPD terdiri atas Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA.

“Untuk pelaksanaan ASPD di DIY ini digelar pada tanggal 13 dan 14 Juni dalam sehari akan diujikan dua mata pelajaran. Harapan kami anak-anak mempersiapkan diri,” katanya.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengimbau kepada masyarakat yang akan mendaftar PPDB 2022 untuk mentaati ketentuan yang berlaku. Selain itu mereka tidak perlu menggunakan segala cara atau kecurangan dalam proses pendaftaran.

Baca juga: PPDB SMP 2022 di Kota Jogja, Kuota Jalur Zonasi Dipangkas

“Yang perlu dicatat oleh orang tua adalah sepanjang anak itu belajar dengan baik maka hasilnya akan baik. Jadi tidak harus diterima di satu sekolah,” ucapnya.

Artikel ini sudah tayang di Harianjogja.com dengan judul: PPDB 2022: Ribuan Pelajar dari Luar Derah Berebut Sekolah ke DIY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya