SOLOPOS.COM - Seorang pengendara motor menuntun sepeda motornya saat nekat melintas di jalan yang tergenang banjir di Jalan Gajah, Semarang Timur. (Solopos.com/Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang mengatakan banjir yang melanda kawasan Kota Semarang pada Sabtu (31/12/2022) karena badan sungai tak mampu lagi menampung air dari wilayah Semarang bagian atas.

Pernyataan tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Kota Semarang, Iswar Aminudin. Iswar menyampaikan volume air dari kawasan Semarang bagian atas tinggi karena hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Kota Semarang sejak Jumat (30/12/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Semarang ini kan sebagian besar daerahnya ada di dataran rendah. Jadinya, bencana banjir tidak bisa dihindarkan. Apalagi curah hujan sangat tinggi,” kata Iswar melalui telepon, Sabtu (31/12/2022).

BPBD masih berupaya mendata semua daerah terdampak banjir pada Sabtu. Ia mengaku belum mendapatkan seluruh data daerah terdampak banjir. Saat ini, tuturnya, petugas BPBD masih berada di lapangan untuk melakukan sejumlah penanganan terhadap warga terdampak.

Sejauh ini, ungkapnya, BPBD mencatat daerah yang terdampak banjir terparah ialah Kecamatan Semarang Utara, Kecamatan Gayamsari, Kecamatan Pedurungan, dan pusat Kota Semarang.

“Yang terparah tentu yang wilayahnya di pesisir dan dataran yang rendah. Kami perkirakan ada di Semarang Utara dan Pedurungan. Itu yang parah banjirnya,” lanjut Iswar.

Selain itu, kawasan wisata Kota Lama Semarang tidak lepas dari banjir. Hampir semua kawasan tersebut terendam banjir setinggi 50 sentimeter.

Demikian halnya di jalan utama yang menghubungkan akses ke Kota Lama mulai dari Jl. Letjen Suprapto, Jl. Kepodang, Jl. Cendrawasih, dan Jl. Imam Bonjol juga terendam banjir dengan ketinggian bervariasi.

Iswar mengakui wilayah yang memiliki cekungan tanah dalam memerlukan penanganan ekstra ketika dilanda banjir. Sejauh ini, ujarnya, daerah cekungan yang terendam banjir terparah ada di Kelurahan Muktiharjo Kecamatan Pedurungan dan Kecamatan Gayamsari.

“Tentunya kalau air sungai sudah surut, nanti daerah cekungan yang tidak bisa lancar gravitasi sungainya akan kami bantu dengan pompa penyedot banjir. Tapi kalau daerah lain saya rasa begitu sungai surut pasti genangan hilang karena mengikuti aliran gravitasi sungai.”

Berikut ini data lokasi yang tergenang banjir di Kota Semarang, pada Sabtu (31/12/2022) hingga pukul 11.00 WIB :

  1. Kampung Krajan, Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu
  2. Museum bubakan
  3. SPBU Randugarut
  4. Jl Kakap
  5. Puri Anjasmoro
  6. Simongan samping Kelenteng Sampokong
  7. Bawah tol Kaligawe
  8. Depan RSI Sultan Agung
  9. Sidorejo Jolotundo
  10. MT Haryono
  11. Jl Pedurungan Kidul
  12. Sidorejo, Kecamatan Gayamsari
  13. Depan toko Roti Virgin, Jl Majapahit
  14. Jl Puspanjolo
  15. Mall Paragon, Jl Pemuda
  16. Jl Pedurungan Tengah
  17. Terminal Penggaron
  18. Tlogosari
  19. Terowongan USM
  20. Kawasan Pekojan, Semarang Tengah
  21. Jl Gajahmada
  22. Simpang Lima
  23. Jalur Bugen Widuri tembus Gebanganom, Genuk Indah, Genuk
  24. Perumahan Semarang Indah, Semarang Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya