SOLOPOS.COM - Ilustrasi New York (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Tinggal di kota-kota besar di dunia mungkin menjadi impian banyak orang. Namun, jangan salah, biaya hidup di kota-kota besar juga tidak kecil. Ada beebrapa kota besar dunia yang masuk biaya hidup termahal.

Economist Intelligence Unit atau EIU dalam laporan Worldwide Cost of Living 2019 yang dikutip, beberapa waktu lalu, menyebutkan Singapura sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal di dunia. Singapura mendapatkan skor 107 bersama Paris, Prancis, dan Hong Kong.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan kota dengan biaya hidup termurah di dunia adalah Caracas, Venezuela dengan skor 15. Dalam laporannya EIU memberikan gambaran tentang biaya hidup di kota-kota termurah dan termahal di dunia.

Di Singapura misalnya yang menjadi kota dengan biaya hidup termahal, harga 1 kilogram roti adalah US$3,40. Bila menggunakan kurs Rp14.200, harga 1 kg roti adalah Rp48.280.

Jadi Mata-Mata Zaman Belanda, Mbah Min Si Bakul Dolanan di Solo Pengin Diakui sebagai Veteran

Untuk urusan harga 1 kg roti, paling mahal ada di Seoul, Korea Selatan. Di kota dengan biaya hidup termahal ke-7 di dunia ini, harga 1 kg roti mencapai Rp221.000.

Selain harga roti, EIU juga memberikan gambaran lainnya misalnya harga bir, biaya potong rambut untuk perempuan, sampai harga dua setelan pakaian laki-laki untuk kerja.

EIU menyebutkan biaya potong rambut perempuan di New York yang menjadi kota dengan biaya hidup termahal ke-9 cukup fantastis. Perempuan New York harus mengeluarkan US$210 atau Rp2,98 juta untuk potong rambut.

”Dampak inflasi tinggi dan denominasi mata uang tercermin dalam rata-rata biaya hidup tahun ini,” sebut EIU.

Biaya Hidup Termurah

Bagaimana dengan kota dengan biaya hidup termurah di dunia. EIU menyatakan Caracas berada di puncak untuk kota dengan biaya hidup termurah di dunia. Penduduk kota di Venezuela ini mengeluarkan sekitar Rp10.000 untuk 1 kg roti.

Untuk potong rambut, perempuan di Caracas juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Di kota ini biata potong rambut perempuan sekitar US$1,77 atau setara Rp25.000.

Namun, EIU mengingatkan biaya hidup murah di sejumlah kota di dunia tidak selalu berujung bahagia. Seperti yang diperlihatkan Damaskus di Suriah dan Caracas saat semakin banyak lokasi menjadi lebih murah karena dari dampak gangguan politik atau ekonomi.

Suara Dentuman Gegerkan Warga Sragen, Ternyata Ini Sumbernya!

Berikut perincian 10 kota dengan biaya hidup termahal dan termurah versi Economist Intelligence Unit.

Biaya Hidup Termahal

1.Singapura

2.Paris, Prancis

3.Hong Kong

4.Zurich, Swiss

5.Genewa, Swiss

6.Osaka, Jepang

7.Seoul, Korea Selatan

8.Kopenhagen, Denmark

9.New York, AS

10 Tel Aviv, Israel



Biaya Hidup Termurah

1.Caracas, Venezuela

2.Damaskus, Suriah

3.Tashkent, Uzbekistan

4.Almaty, Kazakhstan

5.Bangalore, India

6.Karachi, Pakistan

7.Lagos, Nigeria

8.Buenos Aires, Argentina

9.Chennai, India

10.New Delhi, India

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya