SOLOPOS.COM - Mi kocok khas Kota Bandung. (Instagram.com)

Solopos.com, BANDUNG — Cita rasa dan karakteristik kuliner yang dimiliki makanan tradisional khas preanger atau parahyangan membawa Kota Bandung masuk dalam 10 kota terbaik di dunia versi Taste Atlas Awards 2020. Taste Atlas adalah situs berbasis di Kroasia yang membuat survei tentang kota yang menyajikan makanan tradisional terbaik di dunia.

Taste Atlas berisi hampir 20.000 hidangan, minuman, dan bahan serta hampir 15.000 restoran, dikumpulkan dari seluruh dunia oleh tim yang terdiri atas 30 penulis dan peneliti. Menurut sejumlah kritikus restoran profesional dan 63.402 suara yang masuk, Kota Bandung, Jawa Barat menduduki peringkat ke-7 di dunia untuk makanan tradisional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam ajang bergengsi tersebut, Kota Bandung bersanding dengan Paris, Roma, Buenos Aires, Istanbul, Mexico City, dan Kyoto. Bahkan Kota Bandung berada di peringkat lebih unggul dari Naples, Melbourne, Lisbon, Beirut, New Delhi, Bangalore, Bangkok, Mumbai, dan Hong Kong. Atas pencapaian tersebut, Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengucap syukur.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Kata Astrologi Karismatik & Populer

Menurutnya penghargaan tersebut bisa menambah brand Kota Bandung, mengingat saat ini Kota Bandung sudah dikenal sebagai surganya kuliner. “Alhamdulillah, mudah-mudahan makanan tradisional kita menjadi brand untuk Kota Bandung. Wajar kalau di Bandung itu kota kuliner,” ungkap Oded, di Kota Bandung, Kamis (18/2/2021).

Mudahkan Mencicip

Dirinya bahkan mengakui seringkali memperkenalkan makanan-makanan tradisional kepada para tamu yang berasal dari luar Kota Bandung. Ia pun seringkali meminta mereka tak meninggalkan Bandung sebelum mencicipi makanan khas Kota Kembang itu.

“Mang Oded sering sampaikan sambil bercanda, di Bandung mah makanan cuma ada dua macam yaitu makanan enak dan enak sekali,” tuturnya.

Baca Juga: Celaka Jika Anda Punya Bos dengan Zodiak Ini…

“Cicipi semua makanan khas Bandung, dan jangan pulang dulu sebelum habis. Di pendapa, makanan tradisional yang sering diperkenalkan yaitu kue-kue basah seperti dadar gulung,” sambungnya.

Adapun beberapa makanan tradisional Kota Bandung yang menjadi favorit, seperti yang dikutip dari situstasteatlas.com, yaitu mi kocok, batagor, dan kupat tahu.

Sementara itu untuk restoran otentik terbaik, yaitu Batagor Kingsley, Warkop Modjok, Armor Kopi, Surabi Cihapit, dan Cireng Cipaganti.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya