SOLOPOS.COM - Ilustrasi kursi jabatan (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Mutasi beberapa pejabat eselon II Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, Senin (16/8/2021) lalu, masih menyisakan tujuh jabatan yang kosong.

Selain karena dipindah, ada juga jabatan kosong karena perubahan status kelembagaan dan karena pejabat sebelumnya pensiun. Jabatan-jabatan tersebut kini diisi pejabat pelaksana tugas (Plt).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti diketahui, pada Selasa (16/8/2021), sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Boyolali dipindahtugaskan. Hal itu menyebabkan jabatan yang mereka tinggalkan menjadi kosong.

Baca Juga: 54 Warga Binaan Rutan Boyolali Dapat Remisi, 1 Napi Langsung Bebas

Ekspedisi Mudik 2024

Jabatan eselon II Pemkab Boyolali yang kosong karena pejabat sebelumnya dipindah misalnya Inspektur Daerah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes).

Selain itu ada jabatan lain yang kosong karena pejabat sebelumnya pensiun, yakni Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil). Kemudian Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) juga masih kosong.

RSUD Pandan Arang Naik Kelas

Selanjutnya, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kini menjadi Badan. Dengan begitu jabatan Kepala Badan Kesbangpol juga masih kosong. Terakhir jabatan Direktur RSUD Pandan Arang Boyolali yang harus diganti karena naiknya kelas rumah sakit tersebut dari kelas C menjadi kelas B.

Baca Juga: Kadinkes dan Sejumlah Pejabat Eselon II Pemkab Boyolali Dimutasi

Mengenai kekosongan jabatan eselon II tersebut, Pemkab Boyolali sudah menyiapkan Plt yang akan bertugas sampai adanya pejabat baru yang dilantik.

“Plt sudah [disiapkan]. Daftarnya bisa ditanyakan di BKP2D [Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah],” kata Sekda Boyolali, Masruri, Rabu (18/8/2021).

Sementara itu, Kasubid Promosi dan Pemberhentian BKP2D Boyolali, Winarsa, mengatakan saat ini beberapa pemimpin organisasi perangkat daerah (OPD) diisi pejabat Plt. “Ada empat OPD yang kosong, kemudian untuk Plt sudah ada,” katanya, Rabu.

Baca Juga: Kisah Mantan Buruh Pabrik Boyolali Sukses Jadi Bos Katering Hingga Layani 16 Perusahaan

Plt Kepala DPMPTSP dijalankan Asisten Administrasi Umum Sekda Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani. Sedangkan Plt Kepala Dinkes yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda, Insan Adi Asmono.

Seleksi Pejabat Pada September

Plt Dispermades tetap dijalankan Kepala Dispermasdes sebelumnya yang saat ini menjabat Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Purwanto. Sedangkan Plt Inspektur Daerah dijalankan Asisten 1 Bidang Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda, Totok Eko Yudi Priatmo.

Untuk Plt Kepala Disdukcapil dijalankan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali, Susilo Hartono. Sedangkan untuk Badan Kesbangpol dan RSUD Pandan Arang belum ada Plt.

Baca Juga: Hujan Abu Kembali Guyur Selo Boyolali, Warga Tak Terpengaruh

Keduanya masih dipimpin pemimpin sebelumnya sambil menunggu pengisian jabatan baru. “Kepala Badan Kesbangpol, ini SOTK [Susunan Organisasi dan Tata Kerja] baru belum diisi. Sementara masih [dijabat] kepala kantor [sebelumnya], masih Pak Ratno [Suratno],” katanya.

Kemudian RSUD Pandan Arang yang naik kelas, September baru ada seleksi. “Sekarang kelas B dulu C, jadi dari eselon III jadi eselon II. Sementara masih direktur sebelumnya [Siti Nur Rokhmah Hidayati],” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya