SOLOPOS.COM - Perabotan hangus akibat kebakaran rumah milik Rohadi, warga Ngreco, Kecamatan Weru, Sukoharjo pada Rabu (24/3/2021). (Istimewa-Damkar Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO-- Hati-hati saat mengisi ulang baterai sepeda listrik. Warga Sido Wayah, Desa Ngreco, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Rohadi, harus merelakan sebagian rumahnya dilalap api pada Rabu (24/3/2021) petang, gara-gara terjadi korsleting saat pengisian baterai sepeda listrik.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu, Rohadi mengisi baterai sepeda listrik di dalam kamar. Rohadi lantas meninggalkannya tepat di kasur.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Pemilik meninggalkan baterai sepeda listrik yang masih dicas di kamar. Si pemilik itu berangkat untuk jualan ke Tawangsari," kata Kapolsek Weru AKP M. Busro kepada Solopos.com, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: 2 Kakek Sebatang Kara Ditemukan Meninggal di Sukoharjo, Satu Kondisinya Membusuk

Kapolsek mengatakan jika rumah tersebut dalam kondisi kosong saat Rohadi pergi berjualan ke Tawangsari. Nahas saat baterai sepeda listrik ditinggalkan itu diduga muncul percikan api hingga membuat rumah korban terbakar.

Kemudian ada warga yang melihat kepulan asap dari rumah korban. Hingga warga tersebut melaporkan kejadian ke aparat desa dan ditindaklanjuti ke Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Polsek Weru.

Warga kemudian mencoba memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya. Pemadaman manual dilakukan warga sambil menunggu mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Tak berselang lama petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi langsung melakukan pemadaman api.

Baca juga: Masa Kadaluwarsa Vaksin Masih Lama, Satgas Sukoharjo Tetap Kebut Vaksinasi Covid-19

"Beruntung api bisa segera dipadamkan. Dugaan sementara api muncul dari korsleting saat pengisian baterai sepeda listrik," katanya.

Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo Margono mengatakan api berhasil dijinakkan setelah petugas berjibaku memadamkan selama satu jam.

Tidak ada korban pada kejadian ini karena rumah dalam kondisi kosong. Hanya saja peralatan rumah seperti kasur, lemari dan alat-alat listrik lainnya hangus terbakar.

Bacajuga: Harga Cabai Rawit Merah di Sukoharjo Turun Rp10.000/Kg

"Kebakaran bisa dilokasir sehingga tidak menjalar ke yang lain. Bangunan rumah yang terbakar hanya 10 persen saja," katanya.

Margono pun mengingatkan kepada warga untuk tidak meninggalkan rumah saat melakukan pengisian baterai sepeda listrik. Dikarenakan dapat menimbulkan konsleting hingga kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya