SOLOPOS.COM - Ilustrasi travel bubble. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Mulai awal Juli 2021, pemerintah Korea Selatan akan mengizinkan perjalanan antar kota atau negara tanpa kewajiban karantina di tempat tujuan perjalanan yang dianggap telah berhasil menangani pandemi Covid-19 dengan baik. Singapura dan Thailand termasuk negara yang diletuskan travel bubble-nya, namun Indonesia tidak.

Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) melansir KBS World, Rabu (9/6/2021), Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi, serta Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan menyatakan bahwa negara tersebut berupaya untuk mengadopsi "gelembung perjalanan" atau "travel bubble" sebuah kesepakatan yang memungkinkan perjalanan tanpa kewajiban karantina ketika tiba di tempat tujuan perjalanan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: 4 Zodiak Bermuka Dua sehingga Tak Bisa Dipercaya

Ekspedisi Mudik 2024

Pemerintah berusaha untuk membuka gelembung perjalanan ini dengan Singapura, Taiwan, Thailand, Guam, dan Saipan. Saipan merupakan pulau ibukota dari Mariana Utara di Pasifik Barat.

Pemerintah Korea Selatan juga berencana mengizinkan perjalanan berkelompok mulai awal Juli ke negara-negara tersebut bagi orang-orang yang telah menyelesaikan vaksinasi Covid-19. Untuk melakukan perjalanan, orang-orang wajib menunjukkan sertifikat atau surat keterangan yang membuktikan mereka telah divaksinasi penuh dan hasil tes Covis-19 negatif yang dikeluarkan tiga hari sebelum keberangkatan.

Sinyal Pemulihan Kehidupan

Perdana Menteri Korea Selatan Kim Boo-kyum mengatakan bahwa perjalanan ke luar negeri akan menjadi sinyal pemulihan kehidupan sehari-hari yang diharapkan banyak orang. Pada tahap awal, perjalanan akan diperbolehkan untuk perjalanan individual, dan warga negara asing yang mengunjungi Korea Selatan juga hanya dapat melakukan perjalanan wisata berkelompok.

Pemerintah Korea Selatan akan terus mempelajari situasi yang ada selama pemberlakuan travel bubble untuk meningkatkan pembukaan gelembung perjalanan secara bertahap dengan mempertimbangkan kondisi pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya