Korban Tewas Banjir di China Jadi 51 Orang

Warga terdampak bencana alam di Republik Rakyat Tiongkok semakin transparan, padahal topan disertai hujan dan banjir masih mengancam China.
Korban Tewas Banjir di China Jadi 51 Orang

Solopos.com, JAKARTA — Warga terdampak bencana alam di Republik Rakyat Tiongkok semakin transparan. Padahal topan yang disertai hujan deras masih mengancam warga di wilayah China bagian tengah dan evakuasi darurat terus dilakukan setelah jumlah korban tewas bertambah hingga 51 orang.

Sementara itu, jutaan orang terkena dampak banjir di Provinsi Henan, mereka terjebak selama berhari-hari tanpa makanan segar maupun air bersih. Jalan-jalan hancur sehingga sulit untuk diterobos dan seluruh area tertutup lumpur tebal.

Baca Juga: Kasus Harian Covid-19 Korsel Melonjak, Kambing Hitamnya Indonesia

Jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat dan menambah penderitaan warga. Topan In-Fa diperkirakan akan membawa hujan lebat lebih lanjut ke beberapa bagian Henan dalam beberapa hari mendatang, menurut media pemerintah.

Di kota Zhengzhou yang paling parah dilanda banjir, tim bantuan terus memompa air berlumpur dari terowongan termasuk dari kereta bawah tanah di mana setidaknya 12 orang tewas akibat tenggelam. Para korban tewas terjebak di dalam kereta karena kapasitas curah hujan selama satu tahun turun hanya dalam tiga hari.

Wilayah Terdampak Meluas

Semalam, hujan lebat membuat banjir meluas ke Xinxiang di utara dan daerah sekitarnya di mana sebagian besar lahan pertanian terendam dan kota terisolir saat Sungai Wei meluap.

Sementara itu, rekaman udara menunjukkan tim penyelamat menggunakan jembatan sementara pada hari ini untuk memindahkan ratusan penduduk ke tempat yang aman sebagaimana dikutip Channelnewsasia.com, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Tak Mau Dikalahkan Tiktok, Instagram Kini Bukan Hanya Berbagi Foto

“Topan In-fa mungkin akan bergerak ke wilayah China timur dan membawa curah hujan yang sangat deras dalam waktu lama,” menurut Pusat Meteorologi Nasional.

Daerah pesisir harus waspada terhadap dampak gabungan angin, hujan dan pasang naik”, menurut lembaga itu sembari memperingatkan masyarakat untuk bersiap menghadapi peristiwa cuaca ekstrem.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Kata Kunci : Bencana Alam Banjir China

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago