SOLOPOS.COM - Alec Gillis/dok

Alec Gillis/dok

CALIFORNIA—Seorang wanita Indonesia harus kehilangan hidungnya akibat perbuatan suaminya. Wanita bernama Yustince itu diserang oleh suaminya dengan golok yang mengakibatkan hidungnya putus.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Selama tiga tahun, wanita berumur 30 tahun itu harus menutupi bekas luka lebar di wajahnya dengan perban. Namun kini, dia bisa membuka perban tersebut dan tampil dengan lebih percaya diri. Ini berkat inisiatif Grossman Burn Foundation — organisasi nirlaba yang fokus pada layanan kesehatan — meminta bantuan ahli efek khusus Hollywood, AS, Alec Gillis untuk membuat hidung palsu bagi Yustince.

Ekspedisi Mudik 2024

Gillis yang peraih Oscar itu telah membuat makeup effects untuk puluhan film-film Hollywood, termasuk Jumanji, Alien vs Predator dan Cast Away. Rebecca Grossman, ketua Grossman Burn Foundation yang berbasis di California, AS mendatangi Gillis setelah mendengar tentang kisah Yustince.

“Saya temui dia dan bertanya, ‘Anda bisa melakukan ini?’ Dia bilang, tak masalah,” kata Grossman seperti dilansir ABC 7, Kamis (21/2/2013).

“Kami sangat bersyukur karena dia langsung menyetujui dan apa yang telah diberikannya akan mengubah hidup wanita itu,” tutur Grossman.

Grossman pun pergi ke Indonesia untuk mencocokkan Yustince dengan hidung prostetik buatan Gillis. Yustince pun diajari cara memasang dan mencopot hidung palsu itu kapan pun dia mau. Hidung tersebut bisa menempel langsung ke wajahnya. Ada pula hidung palsu lainnya yang bisa dipasang dengan menggunakan magnet.

Namun hidung palsu yang dibuat sesuai warna kulit Yustince itu masih dalam bentuk prototipe. Hidung itu masih membutuhkan penyelesaian agar bisa terlihat sempurna. Grossman pun membawa cetakan hidung Yustince ke AS agar Gillis bisa menyempurnakan hidung prostetik itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya