SOLOPOS.COM - (photographyblogger.net)

(photographyblogger.net)

Jakarta (Solopos.com)--Anda termasuk orang yang suka minum kopi dan bersepeda? Ada kabar baik untuk Anda, karena dengan meminum kopi setelah bersepeda dapat memulihkan tenaga empat jam kemudian. Bagaimana mungkin?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah beraktivitas fisik berat tubuh banyak kehilangan cairan sehingga membuat Anda merasa lelah.Minuman berisotonik tinggi konon bisa menggantikan cairan tubuh yang keluar. Tapi tidak membuat Anda pulih dari rasa lelah. Studi yang baru saja diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menemukan sebuah fakta baru bahwa kopi dapat memulihkan tenaga kembali.

Beberapa tim peneliti dari Australia mempelajari tentang glikogen, ‘bahan bakar’ yang dibutuhkan selama Anda bersepeda. Setelah lelah bersepeda, energi yang terbuang bisa dengan cepat tergantikan dengan makan makanan yang berkarbohidrat tinggi. Tim peneliti dari Australia ini mengambil 7 orang yang diamati selama dua hari. Pada hari pertama, setelah melakukan bersepeda partisipan ini makan makanan yang rendah karbohidratnya.

Dari penelitian ini didapatkan jumlah glikogen menurun drastis. Di hari berikutnya, mereka melakukan kegiatan yang sama lalu minum minuman yang tinggi karbo atau meminum sedikitnya satu minuman dengan 8 gram kafein per kilogram berat badan. Percobaan hari kedua ini diulang kembali di hari berikutnya. Pada satu jam pertama tidak terlihat perubahan, namun setelah 4 jam kadar glikogen dalam tubuh langsung meningkat sebanyak 65%.

Alasan khusus mengapa glikogen meningkat secara drastis belum diketahui secara tepat, tapi para peneliti ini meyakini hal ini berasal dari kadar glukosa serta insulin yang tinggi di dalam darah karena pengaruh kafein. Kafein membantu sirkulasi glikogen dalam tubuh. Meskipun begitu para peneliti meyakini kalau tidak semua orang bisa minum minuman berkafein seperti kopi dalam jumlah banyak seperti pada penelitian mereka.

Karena itu Anda bisa mengurangi jumlahnya sesuai dengan porsi yang bisa Anda minum. Jika Anda memiliki masalah dengan pola tidur, sebaiknya jangan minum kopi ini. Minuman berkafein bisa didapat tidak hanya melalui kopi tapi juga bisa dari teh.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya