SOLOPOS.COM - Kutipan dialog Mbah Minto dalam seri Gausah Mulih Sing Penting Duite Mulih. (Sumber gambar: Youtube/UcupKlaten)

Solopos.com, KLATEN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Klaten pernah meraih penghargaan hasil membikin konten video bersama mendiang Mbah Minto di tahun 2021. Total, terdapat empat penghargaan di bidang kehumasan di tahun 2021.

Demikian penjelasan anggota Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Data Informasi Bawaslu, Azib Triyanto, saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (6/1/2022). Jumlah viewer dalam video berjudul Mbah Minto Ucup Klaten Uwis Dicoklit mencapai 18.503 viewers di Youtube.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kami pernah meraih kategori konten terpopuler di Youtube dari Bawaslu Jateng. Kami ucapkan terima kasih kepada Mas Ucup dan semoga almarhumah Mbah Minto husnul khatimah,” kata Azib Triyanto.

Baca Juga: Maknyus! Bakmi Rebus Suwarni Klaten Favorit Warga Perantauan

Selain penghargaan telah membikin konten video bersama mendiang Mbah Minto, lanjut Azib Triyanto, Bawaslu Klaten juga menyabet tiga penghargaan di bidang kehumasan lainnya. Masing-masing, kategori membikin video dokumenter terbanyak (51 video), kategori infografis terbanyak, dan kategori followers Instagram (IG) terbanyak.

“Waktu itu [saat pengumuman 24 Mei 2021], pengikut IG Bawaslu Klaten telah mencapai 2.815 pengikut. Kalau sekarang sudah naik lagi,” katanya.

Ketua Bawaslu Klaten, Arif Fatkhurrahman, mengatakan salah satu kegiatan Bawaslu Klaten guna mempersiapkan Pemilu serentak 2024, yakni pengawasan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Di waktu sebelumnya, Bawaslu Klaten juga sudah me-launching sejumlah desa antipolitik uang dan desa pengawasan partisipatif guna menyongsong Pemilu serentak 2024. “Di tahun 2021, semua kegiatan tergolong nontahapan Pemilu serentak,” katanya.

Baca Juga: Kisah Mbah Minto Klaten Viral: Saya Hanya Menirukan Gerakan Ucup

Sebagaimana diketahui, Mbah Minto, seorang nenek asal Selorejo RT 007/RW 017, Krakitan, Bayat yang sering viral di media sosial (medsos) sejak awal-awal masa pandemi Covid-19 meninggal dunia di Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten, Rabu (22/12/2021) pukul 21.00 WIB. Mendiang Mbah Minto dimakamkan di Sasonoloyo Wonosegaran Bugel, Krakitan, Bayat, Kamis (23/12/2021) pukul 14.00 WIB.

Mbah Minto meninggalkan empat anak dan menantu. Masing-masing, Tugiyo-Sri; Wiji-Rusmiyati; Tofik-Wahtuni; Sudiono-Sarwini. Mbah Minto memiliki 16 wayah dan empat buyut. Di berbagai kesempatan, Mbah Minto sering terlibat dalam pembuatan konten video dengan instansi negeri atau pun swasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya