Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Kontak Telepon di Handphone Terhapus? Begini Cara Mengembalikannya

Anda kini tidak perlu khawatir jika kehilangan kontak telepon dari daftar kontak di HP. Karena bisa menggembalikannya dengan beberapa cara.
SHARE
Kontak Telepon di Handphone Terhapus? Begini Cara Mengembalikannya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi backup kontak telepon di akun Gmail. (Hitekno.com)

Solopos.com, SOLO — Kontak telepon yang disimpan di handphone terkadang tak sengaja terhapus. Hal ini jelas membuat Anda repot, karena tidak bisa menghubungi karena kontak terlanjur hilang atau terhapus.

Dikutip dari Hitekno.com, Anda kini tidak perlu khawatir jika kehilangan kontak telepon dari daftar kontak di smartphone. Karena bisa mengikuti tutorial Google Contact.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Bahkan smartphone saat ini sudah cukup canggih untuk mengembalikan kontak yang terhapus. Beberapa handphone juga sudah melakukan backup berkala atau otomatis ke Google Contact.

Sehingga Anda bisa mengembalikan kontak telepon yang terhapus. Berikut cara mengembalikan kontak HP yang terhapus

Anda tinggal masuk ke menu Pengaturan (Settings). Gulir ke bawah sampai menemukan menu Google (Google Service), keterangan di merek HP lain bisa saja berbeda atau Google Service and Preferences.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Flip 4 yang Diluncurkan Secara Global

Kemudian pilih Set up and Restore. Klik Restore Contact. Pilih akun Google yang kamu gunakan di smartphone tersebut.

Berikutnya akan ditampilkan semua kontak yang ada dalam handphone. Pilih nomor kontak yang sebelumnya terhapus. Sampai tahap ini nomor yang terhapus sudah dipulihkan ke daftar kontak.

Selain itu ada juga cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus di Google Contact. Masuk ke browser Google Contact.

Login ke Google Contact dengan akun gmail yang terhubung di smartphone kamu. Klik ikon Settings (bergerigi) di bagian kanan atas.

Baca juga: Kini Hapus Pesan di Aplikasi WhatsApp Butuh Waktu Dua Hari

Pilih Undo Changes. Pilih opsi periode waktu yang diinginkan untuk mengembalikan kontak (10 min ago, 1 hr ago, Yesterday, 1 week ago, Custom).

Lanjut klik Undo. Nomor telepon di handphone yang terhapus akan di restore sesuai periode waktu pilihan. Cek berkala ke menu daftar kontak untuk melihat nomor yang telah dipulihkan. Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus di Akun Gmail.

Ada opsi lain yang bisa kamu lakukan jika cara diatas belum berhasil. Coba gunakan kontak yang pernah kamu simpan pada akun Gmail-mu.

Akun Gmail sebetulnya punya fitur yang bisa menyimpan kontak yang pernah kamu simpan di smartphone kamu. Namun, dengan syarat kamu sudah menyalakan sinkronisasi pada perangkat Android yang kamu gunakan dengan akun Gmail.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Realme 9i 5G yang Segera Dirilis

Cara mengembalikan kontak yang terhapus di handphone ini tidak akan berhasil jika sinkronisasi belum dilakukan. Berikut Langkah-langkahnya: Buka akun Gmail dan masuk ke Inbox. Cari menu dropdown yang bertuliskan More. Klik bagian tersebut dan pilih Restore Contact.

Kamu akan menemukan kontak yang pernah kamu save baik itu yang baru saja kamu simpan, kontak yang sudah disimpan kemarin, sampai 30 hari yang lalu.

Semua kontak yang kamu simpan sebelum batas waktu tersebut tidak akan bisa dipulihkan. Namun, perlu kamu perhatikan jika menambahkan kontak setelah waktu tersebut, kontaknya itu akan hilang. Pilih sinkronisasi ulang atau Resync.

Walaupun ada banyak cara mengembalikan kontak yang terhapus, kamu sebaiknya mengaktifkan fitur backup data supaya data lebih terjaga.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode