top ear
Ilustrasi anak sedih (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi anak sedih (Freepik)

Hati-hati! Perkembangan Anak yang Sebenarnya Normal Bisa Terlambat karena Ini

Simak penjelasan salah satu dokter spesialis anak di Solo tentang beberapa penyebab gangguan tumbuh kembang buah hati berikut ini.
Diterbitkan Selasa, 4/08/2020 - 19:15 WIB
oleh Solopos.com/BC
3 menit baca

Solopos.com, SOLO -- Ingin tahu apa kata salah satu dokter spesialis anak di Solo tentang penyebab gangguan tumbuh kembang pada si kecil? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengetahuan mengenai perkembangan anak sangat penting bagi orang tua agar dapat memberikan rangsangan yang tepat dalam proses tumbuh kembang si kecil.

Selain itu, orang tua juga bisa memantau dan menangani masalah sedini mungkin jika terjadi gangguan. Jangan sampai perkembangan anak yang sebenarnya normal malah jadi terlambat atau bermasalah.

"Kalau bicara mengenai pertumbuhan anak, sesuai dengan buku Kesehatan Ibu dan Anak berarti bicara tentang ukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak. Kalau perkembangan anak, artinya soal kemampuan dan keterampilannya," ungkap Dokter spesialis anak Klinik Tumbuh Kembang Anak di Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Lucy Endang Savitri.

Orang tua pasti berharap tumbuh kembang sang anak bisa sesuai dengan waktu dan tahapannya. Namun, semua itu bisa terganggu karena pola asuh yang salah.

Contohnya adalah pola makan yang jelek. Bisa jadi bukan hanya karena asupan yang dimakan si kecil, namun bagaimana cara anak diberi makan juga turut memberi andil.

Jangan Terlambat! Deteksi Dini Bisa Cegah Anak Telat Bicara

Dokter Spesialis Anak Lucy Endang Savitri (Istimewa)
Dokter Spesialis Anak Lucy Endang Savitri (Istimewa)

"Misalnya, si anak dibiasakan jajan, atau anak diberi makan orang tua tapi sambil dimarah-marahi. Hal ini membuat pertumbuhan anak tersebut jelek," jelas dokter spesialis anak di Solo itu.

Perkembangan Anak

Perkembangan anak berkaitan erat dengan pola asuh. Pola asuh yang keliru dari orang tua bisa mengakibatkan tumbuh kembang anak terganggu.

Lucy menambahkan, pola asuh anak sangat memengaruhi tumbuh kembang anak. Misalnya si anak diasuh oleh pengasuh, maka sebagai orang tua juga mesti tahu betul bagaimana perkembangan buah hatinya.

Pengasuh yang dimaksud bisa baby sitter, eyang, dan lain-lain. Artinya, jika si anak dipegang baby sitter, si ibu atau orang tua harus tahu berapa kali si anak buang air kecil atau besar, berapa kali makan, sudah tidur atau belum, dan lain sebagainya.

Waspadai Pengasuh

"Jika si anak tidak diasuh orang tua sendiri, maka pendelegasiannya harus sama. Begitu pengasuh ini tidak bisa melakukan tugasnya, nanti yang jadi korban anaknya. Orang tua harus waspada terhadap pengasuh dan cara dia mengasuh anak. Bisa jadi sebenarnya anaknya normal, tapi jadi terlambat karena pola asuh yang salah," papar dr. Lucy Endang Savitri.

Jangan Terlambat! Deteksi Dini Bisa Cegah Anak Telat Bicara

Dokter Spesialis Anak Lucy Endang Savitri (Istimewa)
Dokter Spesialis Anak Lucy Endang Savitri (Istimewa)

Lucy menggarisbawahi, pada masa setelah kehamilan, orang tua perlu menerapkan pola asuh dengan memenuhi kebutuhan dasar tumbuh kembang anak yang meliputi asuh, asih, asah.

Asuh

Asuh atau kebutuhan fisik meliputi kebutuhan sandang, pangan, papan seperti nutrisi, imunisasi, kebersihan tubuh serta lingkungan, pakaian, pelayanan atau pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, olahraga, bermain, dan istirahat.

Asih

Asih merupakan kebutuhan kasih sayang. Orang tua jangan sampai salah cara dalam menyayangi anak. Salah satunya adalah dengan tidak menuruti semua permintaannya.

Asah

Sementara asah berkaitan dengan cara mendidik. Anak perlu distimulasi sejak dini untuk mengembangkan kemampuan sensorik, motorik, emosi-sosial, bicara, kognitif, kemandirian, kreativitas, kepemimpinan, moral, dan spiritual.

Layanan Konsultasi Tumbuh Kembang Anak

Bagi para orang tua yang ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai gangguan tumbuh kembang anak, bisa berkunjung ke Klinik Tumbuh Kembang Anak di RS JIH Solo yang berlokasi di Jl Adisucipto No. 118 Jajar, Laweyan, Solo.

Orang tua bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis anak di Klinik Tumbuh Kembang Anak RS JIH Solo untuk mendapatkan solusi terkait gangguan tumbuh kembang buah hatinya.

Kumpulan Tips Parenting

Sehari Nge-Teh Berapa Gelas? Awas Lho, Ini Bahayanya Kalau Kebanyakan

Jangan Terlambat! Deteksi Dini Bisa Cegah Anak Telat Bicara

 


Editor : Profile Catra Agfa
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com



berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini