SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. (Antaranews.com)

Solopos.com, JAKARTAKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengebut pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur agar selesai pada tahun ini. Direktur Bendungan dan Danau Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Airlangga Mardjono mengatakan bendungan tersebut tengah didorong agar dapat selesai konstruksinya pada tahun ini.

“Sepaku Semoi targetnya tahun depan, tapi sedang diupayakan untuk percepatan tahun ini bisa diselesaikan strukturnya,” ujarnya kepada Bisnis saat ditemui di Kawasan TMII, Rabu (28/9/2022).

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Direktur Jenderal SDA Kementerian PUPR Jarot Widyoko menargetkan hingga akhir tahun nanti Bendungan Sepaku Semoi sudah diapat dilakukan pengisian awal atau impounding. Dengan begitu, Bendungan Sepaku Semoi dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menghadapi musim hujan pada 2023 mendatang.

Baca Juga Uang Korupsi Gubernur Papua Lukas Enembe

Dia menjelaskan untuk progress konstruksi Bendungan Sepaku Semoi telah mencapai 63,5%. “Target saya, Desember itu harusnya sudah impounding (pengisian awal) sudah kita tutup nanti pemanfaatannya mungkin nanti Maret-April sudah selesai. Ini kita menyiapkan kebutuhan dasar buat di IKN,” ungkapnya.

Bendungan yang memiliki luas genangan 280 hektare dan kapasitas tampung 10,6 juta m3 itu direncanaka untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Balikpapan. Selanjutnya dengan adanya IKN akan dioptimalkan untuk penyediaan air baku berkapasitas 2.500 liter per detik dan mereduksi banjir 55%.

Bendungan Sepaku Semoi dikerjakan dengan skema kontrak tahun jamak hingga 2023 senilai Rp556 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya- PT Sacna-dan PT BRP (KSO).

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul PUPR: Konstruksi Bendungan Sepaku Semoi di IKN Rampung Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya