SOLOPOS.COM - Ketua DPW PKB Jateng, K.H. M. Yusuf Chudlori atau akrab disapa Gus Yusuf, memberikan arahan kepada kader PKB Klaten, Minggu (17/4/2022) sore. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Tengah atau PKB Jateng, K.H. M. Yusuf Chudlori atau yang akrab disapa Gus Yusuf, bertemu jajaran pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Klaten hingga tingkat ranting, Minggu (17/4/2022).

Selain pengurus PKB, hadir pada pertemuan itu sejumlah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Klaten. Pertemuan itu digelar di Tjokro Hotel Klaten, Minggu sore. Pertemuan bertajuk konsolidasi dan buka bersama. Acara berlangsung sejak Minggu sore hingga waktu berbuka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami memanfaatkan momentum Ramadan untuk konsolidasi sekaligus ibadah. Jadi yang terpenting silaturahmi antara NU dan PKB serta alim ulama. Kalau kami sudah kompak dan solid, insyaallah semuanya jadi mudah,” kata Gus Yusuf saat ditemui seusai konsolidasi.

Baca Juga : Nakhodai DPC PKB Klaten, Ini Target Bambang Susanto

Ia juga menyebut konsolidasi itu menjadi momentum mulai memanaskan mesin partai. Salah satunya terkait target perolehan kursi PKB di DPRD Klaten pada Pemilu 2024. Gus Yusuf menargetkan PKB Klaten meraih tujuh kursi pada Pemilu 2024. Pada Pemilu 2019, PKB Klaten memperoleh empat kursi di DPRD Klaten.

Pilkada Klaten

“Ini target yang realistis. Melihat konsolidasi di bawah, tingkat ranting sudah tertata. Dengan NU sudah kondusif. Kiai-kiai sangat merespons bagus mendukung PKB,” ujar Gus Yusuf.

Pada konsolidasi itu, Gus Yusuf sempat menyinggung ihwal Pilkada Klaten mendatang. Dia berharap ada kader NU yang maju menjadi calon bupati (cabup) atau calon wakil bupati (cawabup) Klaten. “Kami berikhtiar semaksimal mungkin agar ada kader NU siapapun itulah yang disepakati bersama bisa maju jadi AD 1 atau AD 2,” tuturnya.

Baca Juga : PKB Jateng Kembali Dipimpin Gus Yusuf

Ia menilai banyak kader NU Klaten layak diusung pada Pilkada 2024. Dia mencontohkan Ketua PCNU Klaten, Mujiburrahman. “Banyak lah. Ada Gus Mujib. Kami menilai sangat layak kemampuan dan pendekatan dengan masyarakat luar biasa. Kalau beliau berkenan, PKB akan memprioritaskan. Kami akan memohon kesediaan beliau nanti maju lah. Dan masih ada banyak lagi,” urai dia.

Penjaringan Caleg

Terkait Pilpres 2024, Gus Yusuf menegaskan DPC PKB se-Jateng serta PAC sudah bergerak. Salah satu bentuknya muncul sukarelawan mendukung Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Gus Muhaimin maju sebagai Capres. Ia juga mengklaim warga NU memiliki kesadaran tinggi mendukung Muhaimin menuju Pilpres 2024.

Baca Juga : Kiai dan Guru Ngaji di Pedan Klaten Dukung Cak Imin Maju Capres 2024

“Strateginya cuma satu mendekat dan mengambil hati masyarakat. Maka yang ditekankan Gus Muhaimin, PKB ini politiknya kehadiran. Bagaimana seluruh kader PKB rajin hadir di tengah masyarakat dalam situasi suka maupun duka,” ungkapnya.

Ketua DPC PKB Klaten, Bambang Susanto, optimistis bisa meraih tujuh kursi DPRD Klaten pada Pemilu 2024. “Alhamdulillah seluruh lapisan PKB Klaten solid. Kiai juga solid mendukung kami. Dengan NU juga solid. Insyaallah dengan target tujuh kursi hal yang bisa kami lalui,” kata dia.

PKB Klaten segera membuka penjaringan calon anggota legislatif (Caleg) dari kader maupun nonkader. “Kalau ada nonkader yang ingin masuk dan punya potensi jaringan kemasyarakatan dan finansial kami terbuka.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya