SOLOPOS.COM - Ketua DPD PAN Sleman Sadar Narima (kanan) dan Wakil Ketua Bidang Kerja sama Antarlembaga Dodik Ariyanto (kiri) saat mengikuti aksi donor darah kegiatan LKAD PAN di Hotel Taman Eden 1 Kaliurang, Minggu (5/6/2016). (Abdul Hamied Razak/JIBI/Harian Jogja)

Tujuan LKAD digelar untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas para kader.

Harianjogja.com, SLEMAN– Puluhan kader Partai Amanat Nasional (PAN) mendapat pembekalan kepartaian dalam Latihan Kader Amanat Dasar (LKAD) di Taman Eden 1, Kaliurang, Sleman. Usai kegiatan tersebut, kader PAN harus menjaga kesolidan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Sleman Sadar Narima menjelaskan, tujuan LKAD digelar untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas para kader. Mereka dibekali dengan beragam pengetahuan terkait wawasan kebangsaan, kepartaian, tata kenegaraan, dan lain-lainnya. “Sebelum pengurus dilatik, mereka harus memiliki frame yang sama, nilai-nilai orientasi dan cita-cita partai. Untuk itulah, soliditas para kader nantinya harus dijaga dengan baik,” kata Sadar, Minggu (5/6/2016).

Dia menyebut, kepesertaan LKAD tersebui menjadi dasar bagi pengurus partai. Dengan begitu, para pengurus dapat bergerak sesuai dengan orbitasenya atau sesuai dengan dinamika politik sosial saat ini. Mereka juga dituntut meningkatkan pemahaman dan perkembangan peta perpolitikan saat ini. Termasuk, terjadinya perubahan tata negara. “Maka dari itu, para kader kami bekali dengan wawasan nasionalisme hingga keterampilan atau cara berkomunikasi politik yang baik,” tandasnya.

Menurutnya, masing-masing pengurus di tiap-tiap daerah nantinya menjadi speaker atau ujung tombak partai. Jika para kader memiliki komunikasi yang baik, kata Sadar, diharapkan mereka dapat membahasakan cita-cita partai kepada masyarakat. Terkait komposisi pengurus PAN Sleman saat ini, Sadar menjelaskan, sesuai regulasi pihaknya memenuhi kuota 30% kader perempuan.

Selain itu, demi keberlangsungan jalannya partai pihaknya juga mengakomodasi pengurus dari kalangan muda. “Sebanyak 40% pegurus berasal dari kader muda. Ini sebagai regenerasi partai. Insyaallah pelantikan kami gelar sehabis lebaran,” ujarnya.

Pada penutupan LKAD 2016 itu, pengurus partai berlogo matahari biru ini juga menggelar aksi donor darah, pemeriksaan kesehatan dan juga bakti sosial kepada warga sekitar lokasi kegiatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya