Konsol Gedung Disdukcapil Klaten Ambruk Timpa 2 Sepeda Motor

Konsol gedung Kantor Disdukcapil Klaten ambruk.
SHARE
Konsol Gedung Disdukcapil Klaten Ambruk Timpa 2 Sepeda Motor
SOLOPOS.COM - Konsol gedung Disdukcapil Klaten ambruk, Minggu (24/11/2019) sore. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN -- Konsol gedung Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten ambruk, Minggu (24/11/2019) sore.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.42 WIB. Konsol berkonstruksi beton yang ambruk berada di sisi barat dan selatan yang masing-masing memiliki panjang sekitar 12 meter dan 33 meter.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Sementara lebar bangunan sekitar 2,5 meter. Ambruknya konsol itu menyebabkan kanopi berkonstruksi baja ringan di sisi barat dan selatan ikut ambruk.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Konsol yang ambruk juga menyebabkan sebagian atap bangunan rontok lantaran tertarik. Konsol itu ambruk menimpa dua sepeda motor yang terparkir di bawahnya.

Gibran: Jangan Takut Disebut Anak Muda Tak Berpengalaman!

Selain itu, sekitar tiga mesin fotokopi di sisi selatan gedung juga tertimpa reruntuhan. Sementara tiga kaca ruang Pendaftaran Penduduk (Dafduk) pecah. Jaringan listrik rusak.

Saat kejadian, hanya terdapat dua petugas keamanan, Taufik dan Budi, yang berjaga di gedung di bagian belakang kompleks perkantoran Pemkab Klaten.

Salah satu petugas keamanan, Taufik, 24, menjelaskan peristiwa itu terjadi setelah hujan deras mengguyur disertai angin kencang yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

“Saat ambruk hanya hujan gerimis. Hujan deras dan angin kencang sudah tidak ada,” kata Taufik saat ditemui wartawan di Disdukcapil.

Diculik Pria Banyuwangi, Bocah Kartasura Ditemukan di Sragen

Taufik menggambarkan suasana saat bagian atap sisi luar gedung itu ambruk sangat mencekam. Saat itu, dia dan Budi berada di dalam kantor. Sesaat setelah konsol ambruk, mereka berlari keluar dari Kantor Disdukcapil.

“Suasananya itu mencekam seperti ada pesawat jet melintas. Saat saya mau keluar, terlihat ada asap dari kamar mandi yang ternyata debu dari reruntuhan. Setelah itu saya mengecek ke samping gedung dan dipastikan tidak ada orang yang tertimpa,” jelas Taufik.

Gedung Disdukcapil Klaten berada di kompleks Pemda II Klaten. Selain Gedung Disdukcapil, terdapat gedung berlantai III yang digunakan untuk kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten.

Proyek pembangunan Pemda II Klaten dilakukan dalam dua tahap yakni pada 2017 dan 2018. Sementara Disdukcapil Klaten baru menempati gedung itu pada Juli 2018.

Jenazah Sumanto Pemilik Kedai Sate Kambing Pak Manto Dimakamkan di Wonogiri

Plt. Kepala Disdukcapil Klaten, Sri Winoto, memastikan pelayanan di Disdukcapil Klaten tetap berlangsung pada Senin (25/11/2019). “Pelayanan tetap kami buka hanya mungkin belum maksimal seperti biasanya,” kata Winoto.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperwaskim) Klaten, Pramana Agus Wijanarka, konstruksi kompleks Pemda II Klaten dibangun pada 2017. Sementara Kantor Disdukcapil mulai ditempati pada Juli 2018.

Soal penyebab ambruknya konsol gedung Disdukcapil, Pramana mengaku belum bisa menyimpulkan lantaran faktor cuaca atau konstruksi bangunan. Hanya, dia mengakui usia bangunan semestinya bisa bertahan hingga 10 tahun.

“Kami masih menyelidiki lebih lanjut. Perlu pengecekan secara menyeluruh bagian bangunan untuk menyimpulkan penyebab ambruknya,” kata Pramana.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago