SOLOPOS.COM - PS 4 (Gamespot)

Konsol game Playstation 4 akan diprediksi terjual sebanyal 100 juta unit.

Solopos.com, SOLO — Saat ini konsol game besutan Sony, Playstation 4 (PS 4), terjual 36 juta unit. Dalam beberapa tahun mendatang PS 4 diprediksi terjual 100 juta unit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dikutip dari Gamespot, Senin (29/2/2016), prediksi penjualan konsol game PS 4 itu dibeberkan biro riset DFC Intelligence. Menurut DFC, PS 4 akan terjual 100 juta unit hingga 2020.

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah itu, Sony disebut akan meluncurkan Playstation 5 sebagai penerurus Playstation 4 tahun 2020. Sebelumnya konsol game yang bisa mencapai penjualan 100 juta unit adalah PS1, PS 2, dan Nintendo.

Sebelumnya Sony telah memangkas harga jual konsol PS 4 di Indonesia yang awalnya dibanderol US$399 atau Rp5,4 juta, menjadi US$349 atau Rp4,7 juta. Pemangkasan harga konsol game PS 4 telah dilakukan Sony di beberapa negara besar sejak awal Oktober. Tadinya, proses pemotongan harga tersebut awalnya hanya berlaku di wilayah Amerika Serikat (AS).

Namun, kini Sony telah memberlakukan harga baru PS 4 dari wilayah Eropa, Australia dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Meski harga yang dibanderol Sony sebesar Rp4,8 jutaan, nyatanya beberapa toko game ternama tetap menjual konsol game current generation itu Rp5 jutaan.

Menurut keterangan yang dilaporkan The Independent, para analis pasar game dunia menjelaskan alasan Sony memangkas harga konsol gamePS 4 karena dikaitkan dengan pemangkasan harga Xbox One yang sudah lebih dulu dilakukan Microsoft.

Sejak beberapa bulan lalu, Microsoft sudah menurunkan harga konsol game tersebut menjadi Rp4,8 jutaan. Nyatanya, pemangkasan harga mampu mendongkrak penjualan Xbox One kala itu.

Memang, penjualan konsol game PS 4 masih tetap mendominasi dibandingkan Xbox One. Seperti tak ingin kecolongan, perusahaan game asal negeri Sakura itu memilih jalur yang sama seperti Microsoft.

Sony beharap, dengan mematok harga yang semakin terjangkau di pasaran, PS 4 bisa menjadi konsol game paling laris pada saat ini. Apalagi, kini Sony juga sangat bergantung ke bisnis lini konsol game karena mencatat pemasukan yang sangat besar dibanding bisnis lini smartphone.

Harga baru konsol game PS 4 di Austria, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Swiss, Portugal dan Spanyol kini dapat dibeli seharga 349 euro atau Rp5,3 juta. Harga ini lebih murah 50 euro atau Rp773.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya