SOLOPOS.COM - Pelayanan administrasi kependudukan dilayani di luar gedung Disdukcapil Klaten, Senin (25/11/2019). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN -- Gedung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten dikosongkan setelah konsol sisi barat dan selatan gedung tersebut ambruk, Minggu (24/11/2019) sore.

Pelayanan Disdukcapil selanjutnya dipindahkan ke kompleks gedung Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) di seberang Kantor Disdukcapil.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pemindahan peralatan dari kantor Disdukcapil ke kompleks gedung Disperinarker dilakukan Senin (25/11/2019) pagi. Sementara pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) tetap dibuka meski harus di halaman gedung yang selama ini digunakan untuk ruang tunggu.

Konsol Gedung Disdukcapil Klaten Ambruk Timpa 2 Sepeda Motor

Ekspedisi Mudik 2024

Plt. Kepala Disdukcapil Klaten, Sri Winoto, mengatakan pelayanan darurat pada Senin itu terbatas. Petugas hanya melayani penerimaan berkas serta legalisasi.

Sementara proses pencetakan adminduk seperti akta kelahiran, kartu keluarga (KK), serta e-KTP belum bisa dilayani. “Pelayanan hari ini kami alihkan di luar sambil menyiapkan [pelayanan] yang di Disperinaker,” kata Winoto saat ditemui wartawan di Disdukcapil Klaten, Senin.

Winoto mengatakan pelayanan Disdukcapil memanfaatkan ruang rapat Disperinaker. Pelayanan Disdukcapil ditargetkan bisa kembali normal pada Selasa (26/11/2019).

Bupati Sragen Kaget Ada 100 Keluarga Miskin Yang Punya HP Seharga Jutaan Rupiah

“Kami sudah menata tempatnya, tinggal menyiapkan jaringan Internet. Setelah nanti server hidup, Insyaallah nanti pelayanan kembali normal meski nanti tempatnya terbatas,” jelas dia.

Ambruknya konsol sisi barat dan selatan gedung Disdukcapil Klaten membuat pegawai trauma. Mereka enggan berlama-lama di dalam gedung lantaran khawatir ada bagian gedung lainnya yang menyusul ambruk.

“Ya diberani-beranikan masuk ke dalam gedung. Apalagi ruangan saya berada di sisi barat, dekat bagian bangunan yang ambruk. Namun, di dalam ruangan tidak ada kerusakan,” kata Kasi Perkawinan dan Perceraian Disdukcapil Klaten, M. Irfan Rahmadi, kepada Solopos.com.

Ke Klaten, Gubernur Jateng Ajak Belajar Kelola Tilapia

Salah satu warga, Rifki, 26, mengatakan datang ke Disdukcapil Klaten untuk mengurus KK. Namun, dia baru bisa memasukkan berkas persyaratan pencetakan KK. Sementara KK dijanjikan terbit awal pekan depan.

“Ya karena kondisi ini sehingga yang biasanya dicetak selang dua atau tiga hari baru bisa Senin depan,” tutur warga Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, tersebut.

Konsol gedung Disdukcapil ambruk Minggu sekitar pukul 15.42 WIB. Saat itu Klaten dilanda hujan deras dan angin kencang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya