SOLOPOS.COM - Surili Jawa. (KLHK)

Solopos.com, SOLO — Hutan-hutan gunung di Pulau Jawa, di antaranya Gunung Slamet dan Gunung Lawu, memiliki hewan langka bernama surili. Mamalia tersebut status konservasinya dilindungi.

Peneliti mamalia di Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)—kini Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Ibnu Maryanto, menjelaskan habitat asli monyet ini adalah hutan primer, hutan sekunder, dan hutan bakau di pinggir pantai hingga pada ketinggian 250 meter di atas permukaaan laut hingga 2.500 meter di atas permukaan laut. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Gunung Lawu dan Slamet Punya Surili, Monyet Uban Langka Dilindungi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (15/6/2022) bersifat memperkuat koalisi partai politik pendukung pemerintah. Perombakan kabinet ini layak dimaknai sebagai pembuka jalan bagi calon presiden pilihan Istana yang akan berlaga dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ekspedisi Mudik 2024

Partai Amanat Nasional (PAN) resmi menjadi anggota koalisi pendukung pemerintah dengan jatah jabatan menteri perdagangan. Perombakan kabinet ini sama sekali tak mengurangi jatah kursi menteri untuk partai-partai politik anggota koalisi pendukung pemerintah. Uraian lengkap bisa dibaca di Reshuffle Kabinet Membuka Jalan Calon Presiden Pilihan Istana.

Dari pecandu game, Forrest Li sukses menjadi orang kaya kelima di Singapura setelah menciptakan bisnis game online, pembayaran digital, dan e-commerce Shopee.

Shopee dikabarkan segera memutus hubungan kerja (PHK) sejumlah karyawan dalam layanan pengiriman makanan ShopeeFood dan pembayaran online tim ShopeePay di Asia Tenggara. Kisah lengkap bisa dibaca di Kisah Forrest Li, Si Pemalu dan Pecandu Game yang Sukses Dirikan Shopee.

Jauh sebelum menggunakan pesawat terbang, jemaah haji asal Indonesia biasa memanfaatkan kapal layar menuju Tanah Suci. Tidak jarang perahu yang mereka tumpangi karam dan penumpangnya tenggelam atau terdampar di pantai tak dikenal.

Ada jemaah yang semua harta bendanya dirampok bajak laut atau malah oleh awak kapal sendiri. Pada tahun ini, pemerintah Arab Saudi menetapkan kuota haji Indonesia hanya 100.051 orang yang terdiri  92.825 kuota jemaah haji reguler, 7.226 kuota jemaah haji khusus, serta 1.901 kuota petugas. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Saat Bajak Laut dan Kapal Karam Jadi Momok Bagi Jemaah Haji Indonesia.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya