SOLOPOS.COM - Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri. (Dok)

Solopos.com, WONOGIRI — Program Wonogiri Watershed Conservation atau program konservasi daerah tangkapan air di Waduk Gajah Mungkur (WGM) dinilai telah berhasil mengurangi kerusakan daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo. Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) sebagai pengampu program itu memprioritaskan Sungai Keduang karena menjadi penyumbang air terbanyak yang mengisi WGM.

“Kami masih berkonsentrasi di Sungai Keduang karena menyumbang air sebesar 40 persen. Di samping itu menangani Sungai Tirtomoyo sebagai penyumbang kedua, sebesar 16 persen,” kata Ahli Madya Teknik Pengairan BBWSBS, Arlendenovega Satria Negara, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (23/3/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Vega, panggilan akrabnya, menjelaskan DAS hulu yang bermuara ke WGM terdiri atas beberapa sungai, antara lain Keduang, Tirtomoyo, Uper Solo, Alang, dan lain-lain. Setiap sungai tersebut memiliki masalah utama, yaitu sedimentasi yang menyebabkan air sungai keruh, dangkal, dan rentan meluap lalu menghadirkan bencana banjir.

Baca Juga: Komunitas Gerojok Wonogiri Bersama Pelajar Bersih-Bersih di Sungai Ini

“BBWSBS sudah melakukan studi sejak 2007 dan pelaksanaannya dimulai 2009 [Wonogiri Watershed Conservation],” katanya.

Penanganan konservasi yang dilakukan, di antaranya berupaya upaya nonstruktural. Hal itu meliputi penanaman pohon, pembuatan saluran air kecil yang mengarah ke permukiman warga, dan pembuatan biopori. Konservasi yang melibatkan masyarakat hingga 2021 dinilai telah berhasil mengurangi sedimentasi di 18 desa di DAS hulu yang mengarah ke WGM.

“Sudah lebih dari 1.500 pohon yang kami tanami di daerah bantaran kali. Lalu membangun lebih dari 1.000 bangunan untuk penanggulangan sedimen. Prinsipnya kami terus berupaya mengatasi semuanya, termasuk di Sungai Tirtomoyo yang sudah dibangun cekdam sebelum 2010,” kata Vega.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya