SOLOPOS.COM - Pelaku UMKM berfoto bersama setelah mereka dinyatakan menjadi yang terbaik di acara pelatihan yang diselenggarakan Persis Solo bersama Shopee. (Istimewa/Ofisial Persis Solo)

Solopos.com, SOLO – Persis Solo menggandeng pelaku UMKM di Soloraya untuk mengikuti serangkaian kelas pelatihan dan menampilkan presentasi rencana bisnis dalam acara penutup kelas Dorong Lokal di kampus UMKM Shopee Ekspor Solo pada Sabtu (17/12/2022).

Berbagai ilmu dan wawasan yang didapat dalam kelas inkubasi menjadi acuan bagi para pelaku UMKM untuk menunjukkan perkembangan dari bisnis dan strategi yang sedang dijalankan.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Project Manager Persis Solo, Bryant L. Hartanto, Senin (19/12/2022), mendorong UMKM untuk bisa mengaplikasikan materi ke dalam perkembangan bisnis adalah tujuan utama dari hadirnya program Dorong Lokal bagi pelaku UMKM di Soloraya.

Program yang diinisiasi oleh Persis Solo bersama Shopee melalui Melangkah ini, merupakan perwujudan kepedulian terhadap UMKM dan semangat Persis Solo untuk membalas dukungan dari masyarakat di Kota Solo.

“Dengan kemampuan yang kami miliki, akan selalu berusaha untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat di kota Solo melalui program-program yang sudah kami jalankan, seperti program Dorong Lokal ini, maupun yang akan kami jalankan kedepannya,” kaya Bryant.

Baca Juga: Kalah dari Persib Bandung, Leonardo Medina: Persis Solo Harus Bekerja Keras

Selama lebih dari dua bulan, 10 pelaku UMKM terpilih mengikuti kelas pelatihan sejak dari 24 September 2022 hingga kelas terakhir pada 3 Desember 2022. Para pelaku UMKM mendapatkan materi mulai dari brand positioning, marketing optimization tools, hingga keperluan administrasi dan legal seperti pajak, BPJS, dan keuangan.

Dalam acara final, dipilih 4 pelaku UMKM terbaik untuk mempresentasikan di hadapan tim juri yakni Michael Anggawinarta sebagai Program Director Melangkah, Nanda Kumara sebagai Lead Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo, dan Agra Locita sebagai Trainer Business and Export Development Organization.

Empat UMKM yang lolos tahap presentasi yakni CV Kreasi Koncone Ngemil, Onde-Onde Njonja Moeda, Salable, dan Warsoep. Tiga UMKM terbaik mendapatkan modal usaha dengan nominal total hadiah Rp10 juta.

UMKM Onde-Onde Njonja Moeda keluar sebagai juara 1 dan mendapatkan modal usaha senilai Rp5 juta, UMKM Warsoep sebagai juara 2 dan mendapatkan modal usaha Rp3 juta, sedangkan juara 3 diraih oleh UMKM Salable berhak atas modal senilai Rp2 juta.

Baca Juga: Mantap! Putra Surakarta Tutup Fase Grup Liga 3 2022 Tanpa Kekalahan

Modal usaha ini diharapkan dapat membantu realisasi rencana bisnis yang telah dipresentasikan oleh para finalis.

Tak hanya juara, Melangkah juga memberikan awarding nominasi kepada peserta UMKM yang dinilai rajin dan aktif. Kategori ini jatuh pada Warsoep yang dinilai tidak pernah absen dan hadir pertama selama kelas berjalan.

Kemudian kategori aktif jatuh kepada Kreasi Koncone Ngemil yang dinilai responsif terhadap materi yang disampaikan oleh setiap pembicara.

“Kami harapkan dari program pertama kita ini dapat memberikan dampak yang positif dan menjadi api semangat ke depannya bagi UMKM di Solo untuk dapat berkembang,” ujar Michael Anggawinarta selaku Program Director Melangkah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya