Petugas membersihkan pajangan diorama di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (27/10/2021). (Antara/Reno Esnir)
Solopos.com|news

Kongres Pemuda I, Fondasi Persatuan yang Terabaikan

Sinisme terhadap bahasa Belanda, yang jadi bahasa pengantar Kongres Pemuda I, mungkin menjadikan kongres ini dianggap tidak penting dan jarang masuk ke dalam kesadaran publik bangsa ini.

Solopos.com, SOLO – Kongres Pemuda II pada 1928 menjadi diskursus dominan dan jauh lebih menguasai pikiran serta perbuatan kultural politik bangsa Indonesia. Kongres Pemuda I pada 1926 terabaikan dan bahkan terkubur dalam relung-relung lupa sejarah.

Espos Premium merupakan layanan khusus dari Solopos.com yang lebih relevan dan memiliki diferensiasi dibandingkan free content. Untuk membaca artikel ini selengkapnya silahkan login atau daftar di SoloposID.

Kata Kunci : sumpah pemuda nasionalisme pergerakan pemuda Indonesia Kongres Pemuda I 1926 Kongres Pemuda II 1928
Frequently Asked Questions

Espos Premium adalah artikel yang menyajikan informasi dari fakta dan peristiwa yang diolah serta dipaparkan dengan cara kreatif dan lebih visual. Artikel ditulis dengan bahasa yang lebih sederhana dan lugas serta artikel yang lebih mendalam. Espos Premium juga dapat diakses dengan sistem berlangganan pada situs dalam jaringan (online).

Web-Paper Solopos merupakan replika digital edisi cetak Harian Umum Solopos. Dan bisa mengakses Web-Paper Solopos melalui alat-alat digital seperti telepon pintar (smartphone), komputer genggam tablet, laptop, atau komputer meja (desktop). Untuk memperoleh informasi lebih detail tentang berlanganan E-Paper Solopos, kunjungi https://koran.solopos.com/. Espos Premium adalah konten yang dapat diakses dengan sistem berlangganan pada situs dalam jaringan (online). Espos Premium disajikan dengan artikel yang lebih mendalam.

Untuk pembaca setia Solopos.com, selama pengembangan Espos Premium Solopos sepenuhnya Gratis.

  1. Dengan berlangganan Espos Premium, Anda mendapatkan berita ekonomi, bisnis, dan market terpilih dengan artikel yang lebih mendalam.
  2. Sebuah karya jurnalistik adalah sumber informasi sahih. Untuk mendapatkan informasi tersebut, butuh biaya tinggi. Dengan berlangganan Espos Premium, berarti Anda mendukung keberlangsungan informasi yang akan menjadi sumber kepercayaan diri ketika membuat keputusan.
  3. Untuk benefit-benefit sebesar itu, harga berlangganan Espos Premium tergolong murah dan sangat bermanfaat.
  4. Espos Premium Bisnis Indonesia membuat koleksi berlangganan produk Bisnis Indonesia Group yang sudah Anda miliki menjadi lengkap.

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago