SOLOPOS.COM - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan sambutan pada acara ramah tamah Kongres IV PDIP di Hotel Inna Grand Bali Beach, Rabu (8/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Kongres PDIP 2015 menjadi perbincangan, salah satunya karena ucapan Megawati soal penumpang gelap.

Solopos.com, JAKARTA — Pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam pembukaan Kongres PDIP IV di Bali soal “penumpang gelap” pemerintahan Joko Widodo dan Jussuf Kalla (Jokowi-JK) membuat berbagai pihak mempertanyakan siapa yang dimaksud..

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengamat politik dari pengamat politik Center for Strategic and International Studies (CSIS), Phillips J. Vermonte, berpendapat yang dimaksud Megawati sebagai penumpang gelap adalah penentang Jokowi saat Pilpres. Namun, merekamencari peluang ketika Jokowi-Jk berkuasa.

“Ada pihak atau orang yang saat pilpres lalu di posisi berseberangan, namun sekarang banyak mendapat keuntungan dari pemerintahan Jokowi,” kata Phillips J. Vermonte dalam diskusi di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (11/4/2015).

Lebih jauh, Phillips J. Vermonte mengatakan penumpang gelap tersebut kini telah memperoleh keuntungan dengan menduduki jabatan strategis di pemerintahan. Mereka mendapatkan jabatan menteri, di kantor kepresidenan, hingga komisaris Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Itu yang dimaksud penumpang gelap,” kata Phillps J. Vermonte.

Sementara itu, pengamat psikologi politik dari Universitas Indonesia Dewi Haroen menilai Presiden Jokowi akan merugi secara politis ketika bergantung dengan pihak yang berada di luar partai. Karena bagaimanapun, kata Dewi, dukungan politis yang sesungguhnya berasal dari partai.

“Harus ada yang membisikkan kepada presiden jangan terlalu terlena dengan itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya