SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi saat memberikan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta (4/1/2016). (Setkab.go.id)

Konflik internal Partai Golkar merembet ke DPR. Presiden pun memanggil Agung Laksono maupun Ical.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Agung Laksono dan Aburizal Bakrie (Ical) mendengarkan langkah penyelesaian dari konflik di internal Partai Golkar. Di hari yang sama, perseteruan kedua kubu itu merembet di DPR saat Ade Komarudin dilantik sebagai Ketua DPR.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung, mengatakan pemerintah berkepentingan terhadap penyelesaian konflik internal Partai Golkar. Pasalnya, konflik yang berkepanjangan di partai politik dapat mempengaruhi pemerintahan.

“Pemerintah berkeinginan agar persoalan di internal PPP dan Golkar dapat diselesaikan, dan pemerintah tidak ingin campur tangan,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/1/2016).

Pramono Anung menuturkan pemerintah berharap partai politik yang bermasalah dapat menyelesaikan persoalannya melalui mekanisme baku yang diatur dalam anggaran dasar atau anggaran rumah tangga (AD/ART). Menurutnya, pemerintah selama ini sudah melaksanakan seluruh keputusan proses pengadilan, meskipun tidak dapat memuaskan seluruh pihak.

Untuk itu, pemerintah tidak ingin campur tangan dalam proses yang terjadi di masing-masing partai politik. “Apabila mereka memiliki mekanisme yang dibutuhkan di AD/ART. Apakah lewat Mahkamah Kehormatan Partai, atau Mahkamah Partai, atau apapun silakan saja,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Pramono pun menyampaikan harapan pemerintah terkait islah di PPP. Pram menyebut proses rekonsiliasi di partai tersebut lebih terbuka dibandingkan Partai Golkar. Tidak adanya campur tangan pemerintah dalam penyelesaian setiap konflik internal partai politik diharapkan menjadi pembelajaran yang membawa kepada proses pendewasaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya