SOLOPOS.COM - Konfigurasi papermob dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Candradimuka 2021 berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).(Istimewa)

Solopos.com, SOLO– Pembuatan konfigurasi papermob dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Candradimuka 2021 berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Rekor yang dipecahkan adalah konfigurasi papermob dengan jumlah peserta terbanyak. Terdapat 5.200 Mahasiswa Baru (Maba) UNS yang ikut dalam pembuatan konfigurasi papermob ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka memanfaatkan fitur virtual background pada aplikasi Zoom Cloud Meeting untuk membuat konfigurasi papermob. Total ada 11 formasi yang ditampilkan, yaitu logo UNS, tulisan “Nareswara Wiratama Nusantara”, peta Indonesia, gambar 6 rumah adat dari 6 pulau di Indonesia, logo PKKMB UNS Candradimuka 2021, dan formasi flashlight.

Capaian ini sangatlah membanggakan sebab PKKMB UNS dalam 2 tahun secara berturut-turut berhasil memecahkan rekor MURI konfigurasi papermob dengan jumlah peserta terbanyak.

Baca Juga: Dukung IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19, PT KAI Beri Bantuan Rp100 Juta

Adapun, pada tahun lalu, PKKMB UNS Mahasura Muda 2020 juga berhasil memecahkan rekor Muri pembuatan konfigurasi papermob dengan jumlah peserta terbanyak yang melibatkan 4.500 Maba UNS.

Pengukuhan rekor konfigurasi papermob dengan jumlah peserta terbanyak disampaikan secara daring oleh Ari Andriani selaku representative MURI. Dalam sambutannya pada acara Apresiasi dan Paguyuban Kebudayaan, Sabtu (21/8/2021), melalui siaran langsung Youtube UNS dan Generasi UNS, ia mengapresiasi raihan rekor ini.

“Dan, mewakili Ketua Umum Muri, maka kami umumkan konfigurasi papermob ini resmi tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia. Selamat atas pencapaian prestasi membanggakan ini,” ujarnya dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Baca Juga: Keren! 3 Mahasiswa UNS Gunakan Abu Sekam Padi dan Cangkang Telur Jadi Pengganti Semen, Bisa Jadi Beton

Menonjolkan Aspek Kebudayaan Nusantara

Di hadapan panitia PKKMB UNS Candradimuka 2021 dan Maba UNS, Ari Andriani juga menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan pemecahan rekor Muri konfigurasi paperob dengan peserta terbanyak. Rekor ini tercatat pada No. 9989/R.MURI/VIII/2021.

“Pada hari ini Sabtu, 21 Agustus 2021 kembali mencatatkan prestasi di MURI dengan konfigurasi papermob oleh peserta terbanyak 5.200 peserta,” tambahnya.

Ketua PKKMB UNS Candradimuka 2021, M. Khairil Ibadu Rahman, saat dihubungi secara terpisah pada Minggu (22/8/2021), menyampaikan tujuan dari konfigurasi papermob ini dimaksudkan untuk menonjolkan aspek kebudayaan Nusantara.

Selain itu, ia menuturkan formasi logo UNS, tulisan “Nareswara Wiratama Nusantara”, peta Indonesia, gambar 6 rumah adat dari 6 pulau di Indonesia, dan logo PKKMB UNS Candradimuka 2021 dimaksudkan untuk menunjukkan makna dan identitas dari PKKMB UNS.

Baca Juga: Gibran Parkirkan Mobil Dinas di SMK Batik 2 Solo, Disdik Jateng: Biar Jadi Peringatan Sekolah Lain

Lebih lanjut, Khairil Ibadu Rahman menambahkan warna virtual background yang dipilih oleh panitia PKKMB UNS 2021 adalah merah, biru, dan putih.

“Sedangkan, untuk formasi flashlight dan semboyan, memerlukan bantuan lilin dan lampu senter. Formasi flashlight dan semboyan menyebutkan 6 semboyan pulau besar, diantaranya Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, dan Papua,” jelas Khairil Ibadu Rahman.

Usai Muri mengukuhkan rekor konfigurasi papermob dengan jumlah peserta terbanyak, tagar UNS di Twitter langsung menjadi trending topic. Maba UNS berhasil men-trending-kan tagar #BanggaMenjadiUNS, #RekorMuriPKKMBUNS2021, UNSKampusBerbudaya, dan UNSKampusBentengPancasila.

Dalam pantauan uns.ac.id hingga Sabtu (21/8/2021) pukul 21.10 WIB, tagar-tagar tersebut telah dicuitkan lebih dari 23.500 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya