SOLOPOS.COM - Konferensi Internasional Pendidikan Islam dengan tema Bagaimana Menjawab Tantangan Pendidikan Islam di Kancah Internasional. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia menyelenggarakan Konferensi Internasional Pendidikan Islam dengan tema Bagaimana Menjawab Tantangan Pendidikan Islam di Kancah Internasional, Selasa (21/12/2021). Konferensi Internasional ini merupakan rangkaian dari agenda Musyawarah Nasional V JSIT Indonesia yang diselenggarakan di Lor In Solo Hotel, 20-24 Desember 2021.

Konferensi itu menghadirkan lima narasumber dari tiga negara, yakni Dr. Sukro Muhab dan Dr Mohammad Zahri, M.Pd dari Indonesia, Prof. Dato` Dr. Muhamed Ridza Bin Wahiddin dan Dr. Khodori Ahmad dari Malaysia, serta Dr. Robin Ahmad Gofur dari United Kingdom. Hadir juga sebagai keynote speaker, Dr. Praptono, M.Ed selaku Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Republik Indonesia.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Praptono menyampaikan terkait kebijakan merdeka belajar yang bertujuan mengatasi tiga persoalan mendasar dari pendidikan di Indonesia, yakni pemenuhan pendidikan bagi semua anak, meningkatkan mutu pendidikan, serta mengatasi disparitas mutu pendidikan yang masih tinggi di Indonesia. “Masih ada sekitar lima persen anak-anak Indonesia yang harus diupayakan untuk mendapatkan layanan pendidikan,” ungkap dia.

Baca juga: Hormati PPKM Darurat, JSIT Indonesia Tunda Munas V

Sementara itu, Sukro menyampaikan bagaimana sekolah-sekolah Islam harus menjawab tantangan era industri 4.0.

“Kurikulum pendidikan Sekolah Islam Terpadu haruslah tidak sebatas pengembangan akademik, tapi juga pemberdayaan kompetensi peserta didik secara komprehensif baik yang bersifat spiritual, akademik, kebakatan, kepemimpinan, dan entrepreneur,” tambah Sukro.

Peran Guru Beri Keteladanan

Dari Malaysia, Mohamed Ridza menyampaikan pentingnya seorang pendidik untuk terus mengalirkan ilmu. Sebagaimana sebuah filosofi learning more, discovery more, dan sharing more.

“Hanya saja banyak tantangan dalam menyampaikan ilmu. Salah satunya adalah adanya batas zaman yang memisahkan antara guru dengan murid-muridnya,” ungkap Mohamed Riza.

Baca juga: Lonjakan Kasus Covid-19, JSIT Indonesia Tawarkan Blended Learning

Menutup Konferensi Internasional tersebut, Zahri selaku Ketua Umum JSIT Indonesia menyampaikan peran guru sangatlah penting dalam memberikan keteladanan. Hal itu tidak bisa digantikan oleh teknologi secanggih apapun.

“Hal yang paling penting adalah jiwa, keteladanan, dan kompetensi seorang guru dalam memanfaatkan teknologi. Dengan teknologi, pendidikan akan lebih mudah dan cepat. Tapi dengan jiwa dan keteladanan, pendidikan menjadi utuh,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya