SOLOPOS.COM - Petugas memasang bendera negara-negara peserta Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015 di halaman JCC, Jumat (17/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Prasetyo Utomo)

Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015 atau peringatan KAA ke-60 akan menghasilkan Deklarasi Bandung.

Solopos.com, JAKARTA — Deklarasi Bandung yang akan disusun dalam Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 akan menegaskan pentingnya demokrasi dalam agenda pembangunan di negara-negara Asia Afrika.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan rangkaian acara peringatan KAA ke-60 telah dimulai dengan pertemuan tingkat Direktur Jenderal (Senior Officials’ Meeting/SOM) yang berlangsung pada Minggu (19/4/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

SOM yang digelar di Jakarta Convention Center ini akan membahas domain utama dalam konferensi ini, yaitu Deklarasi Bandung, New Asia-Africa Strategic Partnership, dan Deklarasi Palestina.

“Bandung message adalah pernyataan atau dokumen tentang perkembangan situasi dunia, salah satu yang disampaikan adalah perlunya ditingkatkan toleransi antar umat manusia. Di situ juga ada masalah demokratisasi,” kata Retno Marsudi, Minggu.

Dalam penyusunan Deklarasi Bandung, lanjutnya, Indonesia berbagi pengalaman dan pemikiran soal demokratisasi. Pasalnya, Indonesia dinilai mampu mengombinasikan stabilitas demokrasi dan pembangunan.

“Kalau kita lihat ini adalah kombinasi yang bagus dan saya kira semua orang akan setuju terkait perlunya demokrasi. Di salah satu paragraf Bandung Messages itu ada masalah demokrasi,” imbuhnya.

Setelah dibahas pada level Dirjen, pembahasan tiga agenda utama KAA akan diteruskan pada level menteri dan kepala negara. “Pembahasan akan diteruskan besok pada tingkat Menteri Luar Negeri untuk diserahkan pada tingkat leaders untuk diadopsi oleh leaders,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya