SOLOPOS.COM - Ilustrasi kondom aneka rasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Saat ini di pasaran sudah hadir kondom dengan aneka rasa, namun amankah memakai alat kontrasepsi tersebut untuk berhubungan intim? Agar tidak ragu-ragu, simak ulasannya di tips seks kali ini.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), informasi dan layanan alat kontrasepsi merupakan dasar bagi kesehatan dan hak asasi manusia semua individu. Menyoroti hal yang sama, Associate Consultant, Department of Obstetrics and Gynaecology, Max Super Specialty Hospital, Dr Priyanka Chauhan Garg, mengatakan, “Jika seseorang tidak merencanakan kehamilan, baik karena pasangan tersebut belum siap menjadi orang tua atau ingin mengatur jarak kehamilan, mereka harus menggunakan metode kontrasepsi yang tepat.”

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Alasan penting lainnya untuk menggunakan kontrasepsi penghalang, menurut Dr Garg, adalah untuk mencegah penularan penyakit menular seksual. “Jenisnya bisa kondom pria atau wanita dan khasiatnya hampir 96% hingga 98%, jika digunakan dengan benar,” ujarnya.

Baca Juga: Awas! Kondom Bisa Bocor, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Ekspedisi Mudik 2024

Sebelum mengetahui aman atau tidaknya memakai alat kontrasepsi ini untuk berhubungan seksual, simak terlebih dulu alasan terciptanya kondom aneka rasa. Para ahli menekankan penggunaan metode penghalang, seperti kondom untuk pria, selama seks oral juga.

“Ini mengurangi kemungkinan penularan dan tertular IMS,” kata Sexologist, City Sex Counseling and Therapy Center, Mumbai, India Dr. Shahbaz Sayed, seperti dikutip dari indianexpress.com pada Minggu (6/11/2022).

Managing Director dan Ginekolog, Elantis Healthcare, New Delhi, Dr. Mannan Gupta,  mengatakan bahwa seseorang harus menggunakan kondom selama seks oral karena sekresi vagina dan penis dapat menyebabkan infeksi mulut. “Ini bisa menyebabkan kandidiasis, herpes, sifilis, gonore, human immunodeficiency virus [HIV] dan AIDS,” katanya.

Baca Juga: Apakah Betul Nanas Muda Bisa Buat Mencegah Kehamilan?

Di sinilah ide kondom aneka rasa berperan karena tidak hanya mengurangi risiko IMS tetapi juga meningkatkan kenikmatan seksual. Dari cokelat, vanila, dan stroberi hingga jahe dan bawang putih – ada banyak pilihan rasa. “Kondom aneka rasa dirancang khusus untuk seks oral,” kata Dr Sayed.

Tapi apakah kondom aneka rasa aman digunakan untuk seks vaginal?  Para ahli tidak menyarankan hal itu.

“Ini karena kondom rasa mengandung gula di dalamnya yang dapat menimbulkan masalah pada vagina Anda. Kadar gula dalam kondom ini dapat mempengaruhi tingkat pH vagina dan bahkan menyebabkan infeksi jamur,” kata Dr Gupta.

Baca Juga: Amankah Pil KB untuk Pria? Ini Penjelasannya

Pendapat serupa diungkapkan Sayed. Dia mengatakan bahwa kondom rasa dapat mengubah tingkat pH vagina wanita jika digunakan untuk seks penetrasi. Ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan infeksi jamur pada pasangan wanita Anda.

Dia menambahkan bahwa semakin banyak bahan kimia dalam kondom, semakin tinggi kemungkinan iritasi vagina atau infeksi jamur.  Karena itu, ia menyarankan menggunakan kondom rasa untuk melindungi diri dari PMS dan untuk meningkatkan kenikmatan selama seks oral, dan tidak untuk melakukan hubungan vagina.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya