SOLOPOS.COM - Pegiat Komunitas Koin Surga Klaten menyalurkan donasi berupa ingkung kepada warga yang isolasi mandiri melalui aparatur desa di wilayah Kecamatan Jogonalan, Jumat (6/8/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN — Aksi berbagi di tengah pandemi Covid-19 terus dilakukan secara individu maupun berkelompok oleh berbagai kalangan, salah satunya Komunitas Koin Surga Klaten.

Belakangan, komunitas itu rutin menyalurkan donasi ingkung (olahan ayam utuh yang dimasak dengan bumbu dan berbagai macam rempah-rempah) kepada warga positif Covid-19 yang isolasi mandiri (isoman).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Inisiator Komunitas Koin Surga Klaten, Dhohir Subagyo, mengatakan sedekah gizi berupa ingkung kepada warga yang isoman sudah berlangsung sekitar tiga bulan terakhir dan bergulir saban Jumat. Awalnya, sedekah gizi itu dilakukan kepada warga isolasi mandiri di Desa Bakung, Kecamatan Jogonalan, dan Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes.

Baca Juga: Waduh! Jalan Keluar Masuk Girpasang Klaten Sempat Tertutup Longsor

“Kemudian kami melebar se-Kecamatan Jogonalan dan beberapa desa di Kalikotes karena dapur kami di Kalikotes,” kata pria yang akrab disapa Kang Dhohir itu saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (8/8/2021).

Pada Jumat (6/8/2021), Komunitas Koin Surga Klaten menyalurkan donasi 200 ingkung kepada warga yang isolasi mandiri di wilayah Kecamatan Jogonalan. Donasi disalurkan melalui aparatur desa.

Alasan Komunitas Koin Surga memberikan sajian ingkung kepada warga yang isolasi mandiri untuk kian memacu kesembuhan mereka hingga terbebas dari Covid-19. Alasan lain yakni untuk membantu para peternak ayam yang beberapa waktu lalu merugi lantaran harga ayam sempat anjlok.

Baca Juga: Tingkatkan Keterisian Tempat Isoter, Pemkab Klaten Gelontorkan Rp10 Miliar

Harga Ayam Murah

“Saat itu lagi murah harganya. Mereka sambat dengan harga murah itu mau diapakan ayamnya. Akhirnya kami bikin paket sedekah ingkung. Alasan kedua, ingkung ini terkesan istimewa, jadi mereka menerima hadiah istimewa dan terbaik,” jelas Dhohir.

Dhohir menuturkan sedekah gizi untuk warga yang isoman bakal dirutinkan oleh Komunitas Koin Surga Klaten. Namun, menu yang disajikan bisa berubah-ubah.

“Menu bisa berubah-ubah tergantung kebutuhan. Seperti saat Iduladha kemarin. Tidak mungkin kami tetap berikan ingkung karena waktu itu bertepatan dengan pembagian daging kurban. Akhirnya kami wujudkan dalam bentuk parsel buah,” jelasnya.

Baca Juga: Semangat Sehat, Warga Klaten Positif Covid-19 Dibawa ke Isolasi Terpusat Donohudan

Komunitas Koin Surga merupakan kumpulan pengusaha Klaten yang ingin berkontribusi membantu warga. Sebelumnya, komunitas itu rutin berbagi makanan saban Jumat ke jalan-jalan hingga masjid dan tempat umum.

“Karena kondisinya seperti ini, tidak mungkin kami turun ke jalan. Kami berinisiatif lebih spesifik lagi memberikan kepada mereka yang isolasi mandiri,” tutur Dhohir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya