Komunitas Ini Layani Isi Ulang Oksigen Wilayah Soloraya Bayar Sukarela

Layanan isi ulang tabung oksigen bagian dari gerakan warga bantu warga ditujukan bagi pasien positif Covid-19 yang mengalami sesak napas.
Komunitas Ini Layani Isi Ulang Oksigen Wilayah Soloraya Bayar Sukarela

Solopos.com, SUKOHARJO –Komunitas masyarakat Sumringah Solo menyuplai isi tabung oksigen untuk pasien positif yang membutuhkan di wilayah Soloraya. Sumringah Solo membuka gerai isi ulang oksigen di Jalan Solo-Sukoharjo tepatnya di Kaliwingko, Desa Madegondo, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Gerakan ini muncul sebagai respons atas kesulitan masyarakat mendapatkan oksigen medis dan harganya yang mahal. Padahal, tak sedikit para pasien positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah membutuhkan oksigen untuk membantu pernapasan.

Koordinator Sumringah Solo, Happy Yudananto, mengatakan layanan isi ulang tabung oksigen bagian dari gerakan warga bantu warga. Saat ini, oksigen medis menjadi kebutuhan utama bagi pasien positif yang mengalami sesak napas dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Baca juga: Jadi Yatim Piatu karena Corona, Ghifari Bocah Sukoharjo akan Dibantu Sampai Lulus Sekolah

“Kami membantu pengisian tabung oksigen khusus pasien positif Covid-19. Masyarakat bisa membayar secara sukarela. Jika memang tak punya uang tetap kami layani secara cuma-cuma atau gratis,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (27/7/2021).

Pengisian tabung oksigen dilayani pada Senin-Sabtu. Masyarakat bisa mendatangi kantor Sumringah Solo dan membawa tabung oksigen sebelum pukul 09.00 setiap hari. Sukarelawan bakal mengisi tabung oksigen pada pukul 09.00 WIB-12.00 WIB. Pengambilan tabung oksigen bakal dilayani sekitar pukul 13.00 WIB.

Happy menyebut layanan pengisian tabung oksigen diprioritaskan tabung berukuran kecil.

“Sebenarnya tak masalah jika ada masyarakat membawa tabung oksigen ukuran besar namun harus benar-benar pasien yang memiliki gejala berat. Ketersediaan oksigen terbatas sehingga setiap masyarakat hanya boleh mengisi satu tabung oksigen,” kata dia.

Baca juga: Sentra Vaksinasi Covid-19 Pemkab Sukoharjo dengan Konimex dan Halodoc Targetkan 40.000 Dosis

Setiap hari, lanjut Happy, rata-rata jumlah tabung oksigen yang diisi 40 tabung-50 tabung. Masyarakat yang hendak mengisi tabung oksigen tak hanya berasal dari Sukoharjo melainkan daerah lain di Soloraya seperti Wonogori, Karanganyar, Sragen, dan Kota Soloo.

Perjalanan Puluhan Kilometer

Mereka rela menempuh perjalanan puluhan kilometer untuk mendapatkan oksigen medis. “Hari ini [Selasa] ada 43 tabung oksigen yang akan disii. Paling jauh dari Kecamatan Baturetno, Wonogiri, dengan waktu tempuh perjalanan hampir dua jam. Ada juga beberapa masyarakat dari Sragen dan Karanganyar,” imbuh Happy.

Selain refill tabung oksigen, Sumringah Solo juga melakukan aksi kemanusiaan lainnya sebagai bagian dari partisipasi masyarakat dalam pengendalian pandemi Covid-19. Komunitas Sumringah Solo menggalang donasi pengadaan alat pelindung diri (APD) dan vitamin untuk sukarelawan dan para tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi garda terdepan melawan Covid-19.

Baca juga: Salut! Koramil Kartasura Bagi-Bagi Nasi Sayur Lodeh Tujuh Rupa Ke Warga Isoman

Sukarelawan Sumringah Solo juga kerap membagi-bagikan nasi bungkus kepada masyarakat tidak mampu selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Kami tak bergerak sendiri karena dibantu sejumlah donatur yang turut menyumbang dana. Gerakan kemanusiaan ini bakal terus dilaksanakan selama pandemi Covid-19 belum berakhir,” papar dia.

Seorang warga Desa Sanggrahan, Kecamatan Grogol, Windarto, mengaku mendapat informasi pengisian tabung oksigen yang dilakukan Sumringah Solo dari jejaring media sosial (medsos). Dia lantas membawa tabung oksigen kecil ke lokasi kantor Sumringah Solo.

“Orang tua saya positif terkonfirmasi Covid-19 dan mengalami sesak napas. Saya beberapa kali mendatangi distributor oksigen medis namun harus mengantre selama berjam-jam. Lokasi kantor Sumringah Solo tak jauh dari rumah jadi lebih cepat saat hendak mengisi tabung oksigen,” kata dia.


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago