SOLOPOS.COM - Kegiatan Komunitas Gerakan Jogo Kali (Gerojok) wilayah Wonogiri Timur bersama Siswa Pecinta Alam (Sispala) SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro, bersih kali dan tanam pohon beringin di Desa Sumbergalih, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (19/3/2022). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Komunitas gerakan jogo kali (Gerojok) wilayah Wonogiri Timur mengajak siswa di SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro merawat alam. Kegiatan itu dipusatkan di bantaran sungai di Desa Sumbergalih, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (19/3/2022).

Koordinator pelaksana kegiatan tersebut, Sugeng, mengatakan kegiatan di akhir pekan itu. meliputi bersih-bersih kali, penyebaran benih ikan, dan penanaman pohon beringin. Kegiatan penanaman pohon beringin ditujukan menambah mata air. Bersih-bersih sungai untuk mengurangi volume sampah. Sedangkan penyebaran benih ikan untuk melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan di perairan umum tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami mencoba untuk mengedukasi agar mereka [siswa] bisa merawat alam sehingga ke depan tidak rusak parah. Biar generasi muda juga turut ambil bagian dalam usaha pelestarian alam,” jelas Sugeng saat dihubungi Solopos.com, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga: Kisah Warga Bantaran Sungai Wiroko Wonogiri, Rumah Kebanjiran 7 Kali

Sugeng mengatakan kegiatan merawat alam oleh Komunitas Gerojok tak hanya sekali. Kegiatan di Desa Sumbergalih, Kecamatan Purwantoro merupakan kali ketiga.

“Sebelumnya sudah kami lakukan di Desa Bakalan, kemudian Desa Purwantoro, dan yang terakhir kemarin di Desa Sumbergalih,” ujar dia.

Sugeng berharap, kegiatan semacam itu dapat menyentuh semua lini di masyarakat, termasuk di organisasi kepemudaan. Selain itu juga dapat menjadi contoh kegiatan positif yang dilakukan di daerah-daerah lain.

Baca Juga: Astaga! Sedimentasi di Sungai Wiroko Wonogiri Ternyata Sudah Parah

“Kegiatan pelestarian alam bisa dilakukan dari hal-hal kecil yang dapat memberi manfaat kepada masyarakat,” pesan Sugeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya