SOLOPOS.COM - Komunitas Jumputan bantu visualisasi produk UMKM Kabupaten Magelang. (Antara)

Solopos.com, MAGELANG -- Komunitas Jumat Motret Produk Gratisan (Jumputan) siap membantu pemasaran produk-produk UMKM di Kabupaten Magelang, melalui visualisasi produk.

Ketua Komunitas Jumputan, Desi Rialistiowati, di Magelang, seperti dikutip Antara, Rabu (21/4/2021),  menjelaskan Jumputan yang hadir sejak masa pandemi Covid-19 merupakan komunitas yang peduli dengan UMKM.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat itu banyak sekali permasalahan yang diterima oleh komunitas Jumputan di antaranya terkait sulitnya UMKM memasarkan produknya karena harus beralih dari pemasaran secara konvensional menjadi pemasaran secara daring (online).

Baca Juga : Buka Puasa Di Muntilan Magelang, Jangan Lupa Cicipi Jemunak

Hal ini akhirnya memunculkan gagasan bagi komunitas Jumputan  untuk berkontribusi lebih banyak kepada UMKM di Kabupaten Magelang. Salah satunya dengan melakukan kegiatan fotografi produk UMKM secara gratis untuk membantu pemasarannya secara visual.

"Supaya pelaku UMKM bisa lebih terdukung dengan foto produk yang lebih menarik," katanya saat audiensi dengan Bupati Magelang Zaenal Arifin di Ruang Mendut Rumah Dinas Bupati Magelang.

Desi berharap komunitas Jumputan bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Magelang, terutama para pelaku UMKM di Kabupaten Magelang bisa memanfaatkan jasa komunitas tersebut secara gratis. "Meskipun jasa kami gratis, namun kami akan memberikan fasilitas dengan semaksimal mungkin dengan kemampuan kami," katanya.

Baca Juga : Polres Magelang Lakukan Rapid Test Pengendara Pelat Luar Kota 

Kegiatan memotret berbagai produk UMKM ini hanya dilakukan khusus setiap Jumat saja dengan harapan tidak mematikan kinerja fotografer komersil. Selain itu, komunitas Jumputan ini juga memberikan pelatihan fotografi kepada para pelaku UMKM.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada keluarga besar komunitas Jumputan yang telah ikut andil bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota Magelang dalam memajukan dan memasarkan produk UMKM secara visual.

"Ke depan melalui Dinas Perdagangan nanti juga akan memperkenalkan para pelaku UMKM dengan Tokopedia dan lainnya sehingga nanti masyarakat mau belanja bisa melalui Tokopedia tetapi produknya dari UMKM," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya