SOLOPOS.COM - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (kanan) dan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (kiri) berfoto bersama sebelum memulai pertemuan di Kantor DPP PKB di Jalan Raden Saleh, Jakarta, Rabu (28/4/2021). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggalang koalisi. Mereka kini semakin intens berkomunikasi untuk menyamakan persepsi.

Demokrat, PKB dan PKS mengikuti jejak Partai Golkar, PAN dan PPP yang lebih dulu membentuk koalisi dengan nama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Badan Komunikasi Strategis Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan salah satu yang dibahas dalam komunikasi tersebut antara lain mengenai koalisi. “Ada kesamaan platform, visi dan cara pandang dalam memperjuangkan hak-hak dan program-program pro rakyat,” ujarnya dilansir dari Bisnis, Jumat (17/6/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Loyalis PKB Tolak Koalisi Semut Merah, PKS Solo: Tak Cocoknya Di Mana?

Herzaki memaparkan ketiga partai itu pernah bersama dalam pemerintahan periode 2004-2014. Namun demikian, Herzaky mengklaim dalam proses penjajakan politik tersebut mereka masih mengesampingkan lebih dulu masalah calon presiden dan calon wakil presiden.

Selain itu PKB, PKS dan Demokrat juga sedang intens berkomunikasi dengan satu partai politik lainnya. Namun dia belum membeberkan identitas partai yang dimaksud.

“Demokrat memang membuka komunikasi dengan semua parpol. Karena untuk ikut Pemilu 2024, harus memiliki koalisi yang memenuhi syarat PT (presidential threshold) 20 persen,” tuturnya.

Baca Juga: Muncul Kelompok PKB Merah Tolak Koalisi Dengan PKS, PKB Solo Terbelah?

Dia mengatakan komunikasi yang dibangun antara Demokrat dengan partai lain dilakukan secara egaliter dan tanpa mendominasi. Menurutnya itu untuk membangun kepercayaan dan solidaritas, serta menghargai kedaulatan masing-masing partai.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Demokrat, PKB dan PKS Bakal Bentuk Koalisi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya