SOLOPOS.COM - Ilustrasi membersihkan kompor gas. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Apa jadinya bila kompor gas di rumah tiba-tiba tidak menyala? Tentu ini akan membuat bingung. Namun, jangan khawatir karena banyak penyebab kompor gas tiba-tiba tidak mau menyala.

Sebelum mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah kompor gas tidak mau nyala, pastikan dulu penyebabnya. Misalnya kualitas kompor gas yang sudah lama dengan baru akan berbeda dan penyebabnya bisa berbeda pula.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Berikut beberapa penyebab kompor gas tidak mau menyala sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Rinnai, Sabtu (7/8/2021).

Kotoran dan Kerak

Kompor gas yang kotor khususnya pada bagian tungku bisa menjadi penyebab utama api tidak mau menyala karena tersumbat oleh kerak yang membandel. Oleh karena itu, Kamu harus membersihkan kompor dari kotoran dan kerak agar api bisa dinyalakan dengan lancar.

Ekspedisi Mudik 2024

Kompor Lembab dan Terkena Air

Lawan dari air adalah api sehingga jika ada air yang tidak sengaja tumpah pada bagian tungku kompor, maka otomatis api akan mati. Ketika dihidupkan kembali, api pun akan sulit untuk menyala karena masih ada sisa-sisa air di dalam tungku kompor. Pastikan kompor disimpan di dalam ruangan yang kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Baca Juga: Ide Lomba Buat 17 Agustus Secara Online, Seru dan Gak Bikin Bosan!

Saluran Kompor Tersumbat

Setelah memasang gas, api tidak bisa menyala pada kompor gas kerap kali terjadi. Hal ini dikarenakan aliran gas dari tabung elpiji menuju kompor biasanya terdapat sumbatan. Faktor utamanya bisa karena selang kompor dan regulator mengalami kerusakan.

Untuk mengatasi kompor gas tidak menyala, kamu bisa mencoba mengatur ulang pemasangan regulator selang kompor dan pastikan menutupnya rapat agar tidak terjadi kebocoran. Gunakan karet agar pemasangan regulator pada ujung gas bisa lebih rapat dan tepat.

Gas Habis

Jangan buru-buru panik ketika mendapati api tidak bisa menyala di kompor gas, bisa jadi karena gasnya memang sudah habis. Kompor otomatis tidak dapat menyala jika tidak ada sumber bahan bakarnya. Jika hal ini terjadi, solusinya harus ganti dan beli tabung elpiji yang baru.

Baca Juga: 5 Kunci Sukses dalam Membangun Bisnis ala Nyonya Swan Pemilik Dapur Solo

Cara mengecek gas sudah habis atau belum adalah dengan memeriksa pada bagian regulator. Jika jarum pada kompas menunjukan warna merah, maka gas memang sudah habis. Namun, jika penanda tersebut rusak Kamu bisa mengeceknya dengan memeriksa apakah ada bunyi desis pada regulator kompor gas.

Regulator Bermasalah

Regulator merupakan komponen penting yang harus ada untuk menghubungkan antara selang, kompor, dan tabung gas elpiji. Jika terjadi masalah pada bagian regulator, otomatis akan menghambat aliran gas yang menuju kompor sehingga api pun tidak menyala.

Hal ini sering terjadi karena bola-bola gotri yang ada di dalam sehingga menghambat lubang ventilator gas. Coba ketuk bagian atas regulator beberapa kali agar posisi gotri tersebut bisa dibetulkan kembali.

Selang Bocor

Selang adalah bagian yang menyalurkan gas dari tabung elpiji menuju kompor. Jika terjadi kebocoran pada bagian selang, otomatis gas di dalam tabung tidak bisa mengalir ke kompor. Kamu bisa mengeceknya dengan cara mencium apakah ada bau gas menyengat atau tidak.

Baca Juga: Gawat! Kebiasaan-Kebiasaan Ini Menyebabkan Polusi di Rumah

Jika tercium bau khas gas yang menyengat di dapur, bisa jadi memang ada kebocoran pada bagian selang. Kamu bisa segera mengganti selang tersebut dengan yang baru.

Itulah beberapa penyebab kompor gas tidak menyala yang bisa diatasi dengan sangat mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya