SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran memadankan api yang membakar bagian belakang rumah warga di Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, pada Jumat (25/12/2020).(Istimewa/Petugas Pemadam Kebakaran Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO-- Rumah milik Tuminah, warga Sidomulyo RT 004 RW004 Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo dilalap api pada Jumat (25/12/2020) siang. Kebakaran diduga berasal dari kompor gas yang bocor.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo, Margono mengatakan menerima laporan ada kasus kebakaran rumah warga di wilayah Makamhaji sekitar pukul 11.40 WIB. Dua unit mobil pemadam kebakaran meluncur ke lokasi. Kemudian dua unit mobil pemadam kebakaran dari Kota Solo juga meluncur ke lokasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gedung Baru Dorong Semangat Baru Polsek Colomadu

"Saat tiba di lokasi api sudah membesar. Pemadaman mulai kita lakukan pukul 12.00 dan api berhasil dijinakkan setengah jam kemudian," kata Margono kepada Solopos.com.

Berdasarkan keterangan saksi, Margono mengatakan kebakaran bermula saat pemilik rumah berada di dalam rumah dan diberitahu jika bagian belakang atau ruang dapur muncul kepulan asap. Tak berapa lama terlihat kobaran api di bagian belakang tersebut. Warga lantas berusaha memadamkan api dengan cara manual.

Pemilik Rumah Syok

Selain itu pemilik rumah dibantu warga setempat mengamankan barang berharga agar terhindar dari amukan api. "Tidak ada korban jiwa, untuk kerugian masih dihitung," katanya.

Saat ini pemilik rumah masih dalam kondisi syok karena rumahnya dilalap api. Api tersebut diduga berasal dari gas yang bocor. Margono pun mengingatkan kepada warga untuk mewaspadai potensi kebakaran. Selain mengecek regulator gas, juga diminta mengecek kondisi kelistrikan di rumah. Sebab kasus kebakaran didominasi karena hubungan arus pendek atau korsleting.

Identik Dengan Perayaan Natal, Ini Asal Usul Kue Jahe

"Cek dulu kondisi kompor gasnya ada bau gas atau tidak sebelum digunakan. Kalau bau dan ngeses artinya gasnya bocor. Dan cek listrik jangan sampai terjadi korsleting," pintanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya