SOLOPOS.COM - Majelis Pembimbing, Pimpinan dan Pamong Satuan Karya Pramuka Adhyasta Pemilu Kwarcab Boyolali dikukuhkan di Kantor Bawaslu Boyolali, Senin (20/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Boyolali menggandeng Pramuka Boyolali guna memberikan pengawasan dalam Pemilu yang akan datang.

Pada Senin (20/9/2021) telah dikukuhkan Majelis Pembimbing, Pimpinan dan Pamong Satuan Karya Pramuka Adhyasta Pemilu Kwartir Cabang (Kwarcab) Boyolali di Kantor Bawaslu Kabupaten Boyolali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Bawaslu Boyolali, Taryono, mengatakan dalam melakukan pengawasan Pemilu, Bawaslu dapat bekerja sama dengan berbagai elemen. Salah satunya dengan Kwarcab untuk menbentuk Saka Adhyasta Pemilu.

“Diharapkan Saka Adhyasta Pemilu ini nanti bisa menjadi pengawas partisipatif dalam pemilu 2024 maupun pemilu berikutnya. Ini nanti akan berlanjut terus. Walaupun nanti berganti komisioner, akan tetap ada,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (21/9/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: 18 SMK di Boyolali Gelar PTM, Ada yang Diawali Vaksinasi Pelajar

Menurutnya kerja sama dengan Pramuka dengan membentuk Saka Adhyasta Pemilu baru kali pertama dilakukan. Menurutnya hal tersebut merupakan program secara nasional.

Di Jawa Tengah saat ini sudah ada 17 kabupaten/kota yang membentuk Saka Adhyasta Pemilu, termasuk Boyolali. Nantinya kerja sama tersebut juga akan dilakukan di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Pada acara pengukuhan Senin dihadiri Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Boyolali, Koordinator Sekretariat dan staf serta Pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Boyolali. Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Fajar Saka dan Ketua Kwarcab Boyolali, Supana.

Kegiatan Kepemiluan

Ketua Kwarcab Boyolali, Supana, dalam sambutannya mengatakan Kwarcab Boyolali menyambut baik didirikannya Saka Adhyasta Pemilu oleh Bawaslu Kabupaten Boyolali.

“Semoga Saka Adhyasta Pemilu ini tidak hanya sampai pada pembentukan saja tetapi dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan kepemiluan sebagaimana program kerja dan panduan yang sudah disusun,” kata dia dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Baca juga: Warga Terdampak Hujan Abu Merapi Tlogolele Boyolali Dibantu Gabah 4,95 Ton

Selain itu diharapkan Bawaslu Kabupaten Boyolali bisa memfasilitasi kebutuhan Saka Adhyasta Pemilu dalam melaksanakan tugas dan kegiatannya.

Sementara Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Fajar Saka, mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Majelis Pembimbing, Pimpinan dan Pamong Saka Adhyasta Pemilu Kwarcab Boyolali. Dia berharap Saka Adhyasta Pemilu dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Dikatakan, Saka Adhyasta Pemilu merupakan salah satu program unggulan Bawaslu dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam pengawasan Pemilu.

Di samping Saka Adhyasta Pemilu, Bawaslu juga memiliki program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) dan Pengembangan Desa Pengawasan serta Desa Anti Politik Uang yang saat ini masih berjalan dan secara bersama-sama. Dia berharap program yang sudah berjalan dapat mengawal jalannya pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang.

Baca juga: Pria Mirip Didi Kempot yang Viral Ternyata Orang Boyolali, Jago Nyanyi Hlo!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya