SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Komoditas pangan, para pedagang memprediksi kenaikan HPP gabah bakal mempengaruhi harga beras.

Solopos.com, SOLO — Harga beras di pasar cenderung stabil meski Badan Urusan Logistik (Bulog) menaikkan harga pokok pembelian (HPP) gabah dari petani. Namun hal ini diyakini tetap akan memengaruhi harga jual beras di pasar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemilik Toko Beras Adi Rasa di Pasar Legi, Solo, Moedjianto, menyampaikan harga beras saat ini stabil di kisaran Rp6.500/kg hingga Rp10.800/kg tergantung kualitas beras. Beras yang paling banyak dicari adalah beras medium dengan kisaran harga Rp9.000/kg.

Beras tersebut diperoleh dari berbagai wilayah di Soloraya, di antaranya Sragen, Klaten, Karanganyar, dan Sukoharjo. “Kalau Bulog menaikkan harga pembelian dari petani, tentu hal tersebut nantinya berpengaruh terhadap harga beras. Hal ini karena harga jual dari petani tentunya juga naik sehingga harga jual ikut menyesuaikan [naik]. Tapi sekarang belum berpengaruh,” ungkap Moedjianto saat ditemui Solopos.com di kiosnya, Kamis (10/8/2017).

Dia mengaku mendapat info harga pembelian gabah dari petani saat ini sudah naik tapi dari distributor besar hingga saat ini belum menaikkan harga sehingga harga jual di pasar juga belum naik.

Pemilik toko beras lainnya di Pasar Legi, Harti, juga mengatakan harga hingga saat ini cenderung masih stabil. Harga yang cenderung normal ini sudah terjadi sejak dua bulan terakhir.

“Bulog menaikkan harga pembelian dari petani tentu pengaruh ke harga pasar. Harga jual dari petani tentu naik. Bulog membeli gabah petani biasanya memang kualitas yang biasa meski begitu, kalau kualitas biasa saja naik, tentu kualitas yang di atasnya ikut naik,” kata dia.

Meski begitu, dia tidak bisa memprediksi kapan kenaikan harga beras akan terjadi. Apalagi beras sama seperti komoditas pangan pokok lainnya, apabila permintaan tinggi, harga juga ikut naik sedangkan permintaan turun, harga juga ikut turun.

“Saat ini harga cenderung stabil karena pasar juga biasa saja, enggak ada kenaikan permintaan yang signifikan,” ujarnya.

Pedagang beras di Pasar Legi, Ali, juga mengatakan harga stabil meski Bulog menaikkan harga pembelian. Sementara itu, pedagang beras lainnya, Warni, mengatakan kondisi pasar yang sepi membuat harga beras saat ini stabil karena jika dijual terlalu tinggi juga tidak akan laku.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya