SOLOPOS.COM - Seorang pedagang di Pasar Legi, Tatik, menata telur ayam ras di losnya, Kamis (15/6/2017). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Harga sejumlah komoditas pangan seperti daging dan telur ayam ras di Solo mulai merangkak naik.

Solopos.com, SOLO — Menjelang Lebaran, telur ayam ras dan daging ayam ras di pasar tradisional Kota Solo mulai merangkak naik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pantauan Solopos.com di Pasar Legi, Kamis (15/6/2017), harga daging ayam ras naik dari Rp30.000/kilogram menjadi Rp31.000/kg. Salah satu penjual daging ayam ras, Larni, mengatakan kenaikan harga baru terjadi pada Kamis.

“Rabu [14/6/2017] harganya masih Rp30.000/kg. Enggak tahu penyebab kenaikan harga soalnya permintaan belum mengalami kenaikan,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com di losnya, Kamis.

Harga telur ayam ras di pasar tersebut juga naik dari Rp17.500/kg menjadi Rp18.000/kg. Pedagang di Pasar Legi, Tatik, mengatakan harga telur ayam naik sejak dua hari lalu. Dia tak mengetahui secara pasti penyebab kenaikan harga telur itu.

“Sudah biasa kalau menjelang Lebaran harga telur ayam ras naik. Meski penjualan stabil dan pasokan lancar, harga telur ayam tetap merangkak naik menjelang Lebaran. Puncak permintaan telur baru terasa beberapa hari ke depan,” ujar dia.

Garam di Pasar Legi juga langka. Pedagang sembako di pasar tersebut, Widatu, mengaku tidak menjual garam bata beryodium karena tidak ada pasokan garam tersebut sejak dua hari lalu. Kendati demikian harga garam bata beryodium stabil yakni Rp15.000/kg.

Pedagang lain, Sri Rahayu, mengaku belum mendapatkan stok garam bata beryodium dari pemasok sejak beberapa hari terakhir. “Ini yang saya jual garam lama. Harganya Rp15.000/kg. Enggak tahu kenapa pasokan garam bisa macet begini,” ujar dia.

Sementara itu, daging ayam ras di Pasar Kadipolo belum mengalami kenaikan harga sejak beberapa hari lalu. Harga daging ayam ras di pasar tersebut Rp32.000/kg.

Salah satu pedagang, Sugi, mengatakan biasanya harga daging ayam ras sudah mulai naik H-10 Lebaran seperti saat ini. “Namun harganya masih stabil. Mungkin beberapa hari lagi harganya akan naik soalnya penjualan di los saya sudah mulai meningkat,” kata dia.

Harga telur ayam ras di pasar tersebut juga stabil Rp18.000/kg. Salah satu pedagang, Windratmi, mengatakan harga telur stabil sejak tiga hari terakhir.

“Tiga hari yang lalu harga telur Rp17.500/kg. Setelah itu naik menjadi Rp18.000/kg sampai sekarang. Mungkin dalam waktu dekat akan naik lagi,” tutur dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya