Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Komitmen Pemenuhan SDGs, UKSW Masuk RankingTimes Higher Education

UKSW berhasil mendapatkan ranking universitas terbaik dunia versi Times Higher Education (THE) Impact Rangking 2022. 
SHARE
Komitmen Pemenuhan SDGs, UKSW Masuk RankingTimes Higher Education
SOLOPOS.COM - Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) berhasil mendapatkan ranking universitas terbaik dunia versi Times Higher Education (THE) Impact Rangking 2022.  Tahun ini,  pemeringkatan diikuti 1.525 universitas dari 106 negara dan ada 1.406 universitas yang memperoleh ranking pada kategori overall.

Peringkat THE Impact Rankings 2022 merupakan daftar universitas terbaik di dunia yang disusun berdasarkan keberhasilan perguruan tinggi menerapkan 17 SDGs yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB/UN).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Pada kategori penilaian overall, UKSW mendapatkan posisi 1001+ bersama sekitar 405 universitas di Times Higher Education Impact Ranking 2022.  Penilaian atau pemeringkatan overall dilakukan bila sebuah universitas mengisi data pada kategori Sustainable Development Goals (SDG)- 17 (Partnership for the Goals) yang sifatnya wajib dan minimal 3 SDGs lainnya.

Baca Juga: Keren! 5 Mahasiswa UKSW Lolos IISMA 2022, Berhak Belajar di Luar Negeri

Dalam pemeringkatan kali ini, UKSW yang baru kali pertama berpartisipasi, mengisi data untuk SDG-4 (Quality Education), SDG-5 (Gender Equality) dan SDG-13 (Climate Action).

Melansir laman THE, SDG-4 UKSW berada di posisi 601-800 dari 1.180 universitas yang mengisi data dan mendapat skor 45. Sedangkan SDG-5 berada di posisi 401-600 dari 938 universitas dengan skor 44,5. Untuk SDG-13 berada di posisi 601+ dari 674 universitas dengan skor 9,3 dan SDG-17 ada di posisi 1001+ dari 1.438 universitas dengan skor 19,5.

Baca Juga: Syaharani Meriahkan Gelaran UKSW Jazz Fiesta

Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D., dalam pernyataannya baru-baru ini, menyatakan hasil keikutsertaan UKSW untuk kali pertama ini patut disyukuri.

“Di samping menjadi pengakuan publik, khususnya Times Higher Education sebagai lembaga pemeringkatan internasional dengan reputasi tinggi; hasil ini menjadi paspor bagi pengembangan kerja sama internasional UKSW,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima Solopos.com pada Jumat (3/6/2022).

UKSW tidak bisa melihat peringkat nasional saja karena iklim internasionalisasi di kampus ini sudah kental sejak lama. Hasil menunjukkan UKSW tidak berada di posisi paling bawah sehingga ini menjadi bahan untuk UKSW melakukan evaluasi dan perbaikan ke depan,” katanya.

Baca Juga: Di UKSW Leader Forum, Ahok Beri Pesan ke Anak Muda yang Mau Berpolitik

Neil Rupidara menambahkan, keikutsertaan UKSW dalam pemeringkatan Times Higher Education adalah bagian dari komitmen kampus ini dalam pemenuhan SDGs menuju 2030. Menurutnya, komitmen ini masih perlu ditingkatkan kualitas dan cakupannya.

“Komitmen itu perlu diekspresikan dalam kebijakan-kebijakan, program, serta kegiatan di kampus. Sebagai lembaga ilmiah maka akan dikerjakan sesuai fungsi utamanya yaitu berbasis kekuatan riset, universitas menghilirisasi hasil-hasilnya dan dampaknya melalui pendidikan, pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat, di samping edukasi ilmiah melalui publikasi,” imbuhnya.

 

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode