[ X ] CLOSE

Kombinasi Gagal Ginjal dan Stroke Seperti Oddie Agam, Picu Kefatalan?

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, musikus senior Oddie Agam bukan hanya menderita stroke, tetapi juga terkena komplikasi, termasuk sakit ginjal.
Kombinasi Gagal Ginjal dan Stroke Seperti Oddie Agam, Picu Kefatalan?
SOLOPOS.COM - Oddie Agam. (suara.com)

Solopos.com, SOLO-Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, musikus senior Oddie Agam bukan hanya menderita stroke, tetapi juga terkena komplikasi, termasuk sakit ginjal.
Lalu, yang jadi pertanyaannya, seberapa fatal risiko sakit ginjal dan penyakit stroke?

Mengutip NCBI, Rabu (27/10/2021), gagal ginjal merupakan faktor risiko penyebab stroke. Bukan hanya itu, gagal ginjal menjadi penyebab utama penyakit penyerta atau komorbid di seluruh dunia.

Risiko stroke juga 5 kali hingga 30 kali lebih tinggi pada pasien yang mengalami penyakit ginjal kronis, khususnya bagi mereka yang menjalani dialis atau cuci darah.
Data juga menunjukan angka kefatalan atau kematian juga meningkat hingga 90 persen, jika mengalami komplikasi stroke dan sakit ginjal.

Baca Juga: Meninggal Dunia, Ini Warisan Karya Oddie Agam yang Jadi Hits

Maka solusi terbaik adalah memahami dan mewaspadai faktor risiko penyakit stroke dengan menjalani pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan sarat nutrisi. Selain itu, usia tua, tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan diabetes adalah faktor risiko penyebab stroke. Lalu diperparah dengan tindakan dialisis atau tindakan cuci darah meningkatkan risiko kekambuhan serangan stroke.

Sebagaimana diketahui musikus senior Oddie Agam meninggal dunia di Rumah Sakit Persahabatan, Rabu (27/10/2021) sekitar pukul 11.00 WIB.  Kabar meninggalnya pria bernama asli Imran Madjid itu disampaikan pengamat musik Stanley Tulung melalui laman Instagram pribadinya.

“Innalillahi wa inna ilaigi rojiun. Selamat jalan Bang Oddie Agam yang berpulang 27 Oktober 2021 jam 11.00, semoga tenang di sana,” ujar Stanley Tulung di Instagram @stanleytulung dikutip pada Rabu (27/10/2021).

Baca Juga: Ikang Fawzi Turut Berduka atas Kepergian Oddie Agam

Mengutip Antara, sebelumnya pada awal bulan ini, Oddie sempat menjalani perawaran intensif karena kondisinya yang sudah kritis.

Saat itu, Oddie Agam disebut mengalami gangguan ginjal yang semakin memburuk.

Oddie Agam lahir pada 19 Maret 1953. Dia merupakan seorang penyanyi dan pencipta lagu Indonesia yang popular di tahun 1980-an.

Beberapa lagu ciptaannya yang menjadi hits antara lain Wow, Surat Cinta, Bahasa Cinta, Logika, dan Tamu Istimewa yang dinyanyikan oleh Vina Panduwinata.  Lagu Antar Anyer dan Jakarta dinyanyikan oleh Sheila Majid.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago