SOLOPOS.COM - Mobil Panther Bonet bekas milik Joko Widodo sewaktu menjabat Wali Kota Solo, Jumat (14/1/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI—Wonogiri ternyata memiliki museum otomotif yang diberi nama Ototrondolo. Bertempat di Desa Tremes, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, Ototrondolo yang diresmikan pemiliknya, Suparno, 2 Mei 2021, memamerkan beragam kendaraan jadul.

Menurut manajer pengelola Ototrondolo, Aprian Rizki, sebelum jadi museum Ototrondolo dulu merupakan bengkel karoseri untuk bus dan mobil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dulu di sini jadi bengkel karoseri. Tapi karena pemiliknya memikirkan peluang bisnis di bidang wisata, kendaraan jadul yang dipunyainya juga, lalu tempat ini dijadikan museum yang berisi kendaraan jadul bernilai sejarah,” kata laki-laki yang akrab disapa Rizki ketika ditemui Solopos.com, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: 10.100 Keluarga di Klaten Terima Pencairan Bansos KKS BPNT

Ekspedisi Mudik 2024

Mobil berjenis Panther Bonet yang berada di ruang pamer, menurut Rizki, jadi salah satu kendaraan koleksi museum yang punya nilai sejarah. Mobil Panther Bonet itu merupakan bekas kendaraan yang dipakai Joko Widodo (Jokowi) sewaktu masih menjabat Wali Kota Solo.

Selain mobil bekas tokoh yang kini menjadi Presiden, ada deretan mobil lain yang dipamerkan. “Jumlahnya sekitar 20 mobil. Belum semuanya dipamerkan di sini karena masih ada yang direstorasi,” lanjut Rizki.

Ototrondolo juga memiliki mobil Civic bermodel sedan buatan 1988, mobil Volvo hitam yang disebut manajer pengelola Ototrondolo biasa dipakai pejabat pemerintah, hingga mobil Gaz buatan Rusia yang dibikin pada 1969 untuk digunakan sebagai pengangkut pasukan militer.

Baca Juga: Tak Ada Pohon Sawit, Desa Sawit Klaten Ternyata dari Nama Gending

Selain dipamerkan, menurut Rizki, beberapa mobil yang dipamerkan Ototrondolo juga berpeluang untuk dijual. Ia mencontohkan mobil bekas milik Jokowi siap dilepas jika ada yang membelinya seharga Rp399 juta.

“Saat ini kami buka setiap hari, tapi antusiasme warga Wonogiri di bidang otomotif masih kurang,” ujar Rizki ketika ditanyai jumlah pengunjung Ototrondolo sejak resmi dibuka.

Saat ini mereka sedang dalam tahap promosi wisata. Rizki menambahkan pada Oktober 2021 Ototrondolo mengadakan kontes mobil kijang dengan kategori interior dan eksterior yang orisinil.

Baca Juga: Beri Bantuan Penyandang Disabilitas Basin, Kapolres Klaten: Semangat!

Event-event semacam itu sedang kami galakkan sebagai ajang promosi Ototrondolo,” pungkas Rizki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya