Koleksi Kamera Analog Jadul Bisa Jadi Ladang Investasi

Koleksi kamera jadul analog bisa dijadikan referensi dalam berinvestasi.

Solopos.com, SOLO – Zaman serba digital seperti saat ini memanjakan konsumen, termasuk dalam hal fotografi. Namun jangan salah, kamera jadul analog rupanya memiliki pangsa pasar tersendiri.

Koleksi kamera jadul ini bisa mengantar anda meraup cuan. Bahkan kamera yang dulu bisa didapat dengan harga Rp5 juta, kini bisa tembus pasar dengan harga Rp26 juta.

Hal itu sebagaimana diceritakan kolektor kamera analog, Ade Rizal, warga Cemani, Grogol, Sukoharjo. Kolektor ini pernah mendapat harga tak sampai Rp10 juta untuk koleksi kamera bikinan Jerman Rolleiflex 6001. “Misal rolleiflex 6001 jerman ini dulu saya beli cuma berapa. Sekarang bisa dicek di IG ditawarkan Rp20 juta hingga Rp26 juta. Jadi seperti investasi,” katanya kepada SoloposTV, belum lama ini.

Nilai kamera analog semakin melambung karena kelangkaannya. Namun menurut Ade Rizal, kamera ini memiliki sensasi  penghargaan pada setiap jepretan. “Beda sama digital ya. Kamera analog  kan sekali jepret tak bisa diulang. Misal eksposure terlalu gelap atau terang,” jelasnya.

Untuk masalah perawatan, lanjut dia, butuh ketelatenan dan penggunaan perasaan.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago