[ X ] CLOSE

Kolaborasi Emtek, Grab, dan Bukalapak Diresmikan Senin Depan, Seperti Apa?

Grab Indonesia dan Emtek akan meresmikan kerja sama strategis untuk pemberdayaan UMKM di ekosistem digital secara virtual pada Senin 26 Juli 2021.
Kolaborasi Emtek, Grab, dan Bukalapak Diresmikan Senin Depan, Seperti Apa?

Solopos.com, JAKARTA – Tiga perusahaan Emtek, Grab Indonesia, dan Bukalapak bakal melakukan kerja sama stategis yang rencananya diresmikan pada Senin (26/7/2021) depan.

Kolaborasi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek/kode emiten EMTK), PT Bukalapak.com, dan Grab Indonesia ini disebut fokus pada pemberdayaan UMKM.

Grup Emtek diketahui memiliki tiga divisi usaha utama, yaitu media, telekomunikasi dan solusi TI, serta konektivitas. Divisi media meliputi tiga saluran televise yaitu SCTV, Indosiar, dan O Channel.

Baca juga: Emas Pertama Olimpiade Tokyo 2020 Milik Atlet Menembak China

Mengutip Bisnis.com, Grab Indonesia dan Emtek akan meresmikan kerja sama strategis untuk pemberdayaan UMKM di ekosistem digital yang dilakukan secara virtual pada Senin 26 Juli 2021 pekan depan.

Peresmian akan dihadiri oleh Managing Director Emtek Group Sutanto Hartono, President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, serta CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin.

Grab dan Emtek juga mengundang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto dan menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Baca juga: Angka Kematian Covid-19 di Indonesia Tinggi, Ahli Ungkap Penyebabnya

Kolaborasi untuk UMKM

Lantas seperti apa bentuk kerja sama ini? Disebutkan, kerja sama tersebut bertujuan mendorong percepatan transformasi digital bagi UMKM di Indonesia untuk memperluas inklusi digital dan keuangan bagi seluruh masyarakat.

Kolaborasi ini akan memanfaatkan jangkauan serta kekuatan ekosistem yang dimiliki kedua perusahaan untuk memajukan ekonomi digital Indonesia. Grab dan Emtek memang telah menjalin kerja sama sejak akhir Juni 2021. Saat itu kedua belah pihak melakukan aksi saling membeli saham.

Pada 30 Juni 2021, Corporate Secretary Emtek Titi Maria Rusli menyebutkan Emtek membeli 311,27 juta saham PT Grab Teknologi Indonesia (GTI) senilai Rp3,08 triliun.

Baca juga: Karena Salah Melafal, Nama Camilan Khas Tegal ini Muncul

Jumlah itu setara 3,29 persen saham. Sebelumnya Emtek sudah memiliki 2,59 persen saham GTI. Artinya, setelah transaksi pada akhir semester I/2021 tersebut, Emtek memegang 5,88 persen saham GTI.

“Transaksi [pembelian saham PT Grab Teknologi Indonesia] dilakukan untuk memperkuat posisi EMTK sebagai perusahaan teknologi dan digital, sehingga memperkaya ekosistemnya,” paparnya dalam keterbukaan informasi, Jumat (2/7/2021).

Sekitar tiga bulan sebelumnya, H Holdings Inc. yang terafiliasi dengan Grab mengambil bagian dalam saham baru Emtek yang dilakukan melalui skema private placement.

Baca juga: Disparpora Magelang Ajak Warga Tulis Pengalaman Wisata Lokal

Listing Bukalapak

Kepemilikan saham H Holdings Inc. di Emtek adalah sebesar 4,6 persen dari saham yang diterbitkan. Sementara itu, mengutip laporan keuangan Emtek per 31 Maret 2021, PT Bukalapak.com (BUKA) merupakan entitas asosiasinya melalui PT Kreatif Media Karya.

Emtek memegang 34,39 persen saham Bukalapak. Perusahaan yang dipimpin oleh Rachmat Kaimuddin ini bakal menggunakan kode ticker BUKA saat melantai di Bursa Efek Indonesia.

Rencananya, BUKA akan mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia pada 6 Agustus 2021.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago